Para Pekerja Proyek Trans Papua Korban KKB Dijamin Tak Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Selain tewas di tangan KKB, para pekerja proyek jembatan Trans Papua ini dipastikan tidak mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.

Para Pekerja Proyek Trans Papua Korban KKB Dijamin Tak Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan
Kompas.com
Para korban KKB di Papua tidak mendapat santunan BPJS Ketenagakerjaan 

TRIBUNNEWS.COM - Sudah jatuh tertimpa tangga, mungkin itulah yang dirasakan oleh para pekerja proyek pembangunan jembatan Trans Papua.

Selain harus meregang nyawa di tangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), mereka juga dipastikan tidak mendapatkan santunan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Seperti dilaporkan Kompas.com pada Sabtu (8/12), Pihak BPJSKetenagakerjaan mengatakan, para pekerja PT Istaka Karya dalam proyek jembatan di Papua tidak terdaftar sebagai peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

PT Istaka Karya sejatinya merupakan perusahaan peserta BPJSKetenagakerjaan, seperti yang disampaikan oleh Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja.

Meski begitu, “Proyek Jembatan di Papua yang menjadi pemberitaan ternyata belum didaftarkan di perlindungan jasa konstruksi BPJSKetenagakerjaan, sehingga pekerjanya tidak mempunyai perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Pernyataan itu dia sampaikan di Tokyo pada Jumat (7/12) malam kemarin.

Menurut Utoh, pekerja yang terlindungi dengan program Jaminan sosial Ketenagakerjaan, maka bila meninggal karena kecelakaan kerja akan mendapatkan manfaat salah satunya santunan sebesar 48 kali dari upah yg dilaporkan.

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA>>>

Penulis: Yoyok Prima Maulana
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved