Pilpres 2019

Sekjen PDIP Minta Ara Sirait Sampaikan Aspirasi Warga Adat Banten Kidul Ke Jokowi

"Mempersatukan negeri ini. Jangan sampai Indonesia berada di tangan orang-orang tidak bertanggungjawab," tegas Sukanta.

Sekjen PDIP Minta Ara Sirait Sampaikan Aspirasi Warga Adat Banten Kidul Ke Jokowi - ara-dan-ganjar.jpg
ISTIMEWA
Perwakilan masyarakat Banten Kidul hadir di arena Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta (Kamis, 10/1/2019) kemarin.
Sekjen PDIP Minta Ara Sirait Sampaikan Aspirasi Warga Adat Banten Kidul Ke Jokowi - adat-banten2.jpg
ISTIMEWA
Perwakilan masyarakat Banten Kidul hadir di arena Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta (Kamis, 10/1/2019) kemarin.
Sekjen PDIP Minta Ara Sirait Sampaikan Aspirasi Warga Adat Banten Kidul Ke Jokowi - adat-banten4.jpg
ISTIMEWA
Perwakilan masyarakat Banten Kidul hadir di arena Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta (Kamis, 10/1/2019) kemarin.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Puluhan orang perwakilan termasuk para tokoh dari masyarakat adat kasukuan Banten kidul menyambangi arena Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta (Kamis, 10/1/2019) kemarin.

Kedatangan mereka ini, selain untuk berbahagia dengan HUT PDI Perjuangan, juga untuk menyampaikan aspirasi.

Baca: KH Maruf Amin: Ente Sudah Berbuat Apa untuk Islam? Pak Jokowi Sudah Banyak

Mereka datang, berharap kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara lima tahunan, Riungan Gede Sesepuh dari Kasepuhan Adat Banten kidul. Acara ini akan dilaksanakan di wewengkon (wilayah) Kasukuan Citorek.

"Kita sudah melayangkan surat kepada Presiden Jokowi. Dan disini kami bertemu dengan Sekjen PDI Perjuangan Pak Hasto Kristiyanto, Pak Ganjar Pranowo, Pak Djarot dan Pak Maruarar Sirait. Kami memohon untuk membantu menyampaikan kepada Presiden," kata Sukanta, perwakilan dari Masyarakat Adat Kasukuan Banten Kidul.

Sukanta, Ketua Adat di Kasepuhan Banten Kidul (Sabaki) mengatakan, masyarakat Adat Banten Kidul, berharap atas kedatangan Presiden Joko Widodo ini. Sejak tahun 2014, mereka sudah mendukung Jokowi untuk menjadi Presiden. Di tahun 2019, mereka akan kembali mendukung Presiden.

Bukan tanpa alasan masyarakat adat Banten Kidul mendukung Jokowi. Sukanta mengatakan Masyarakat Adat Banten Selatan sangat percaya kepada kepemimpinan Jokowi yang sudah menjalankan pemerintahan di jalan yang benar.

Dari gelagat dan tanda-tanda yang ada, lanjutnya Indonesia akan dalam keadaan mengkhawatirkan bila bukan Jokowi lagi yang memimpin Indonesia kembali.

"Maka kami begitu sangat menginginkan Pak Jokowi menengok kami. Kami ingin memastikan bahwa kami seluruh dari masyarakat Banten kidul memberikan kepercayaan kepada beliau. Sampai 2024 Pak Jokowi harus kuat memimpin negeri ini," kata dia.

"Mempersatukan negeri ini. Jangan sampai Indonesia berada di tangan orang-orang tidak bertanggungjawab," tegas Sukanta. Baca: Jokowi : Warung Kecil Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Sukanta menjelaskan bahwa 750 komunitas di masyarakat adat Banten kidul. Sementara itu ada 158 ribu kepala keluarga. Kalau Pak Jokowi hadir, kami menyiapkan massa antara 30 ribu-50 ribu massa," ungkap Sukanta.

Dalam kesempatan itu, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta Maruarar untuk menyampaikan aspirasi masyarakat adat Banten kidul ini kepada Presiden Jokowi.

Maruarar siap menyampaikan pesan tersebut lebih-lebih ini adalah acara kebudayaan dan adat yang merupakan wujud dari pelaksanan Trisakti Bung Karno, yaitu berkepribadian dalam kebudayaan. Maruarar meminta mereka meminta mengirim surat kembali.

"Pak Jokowi sangat konsen dalam menjaga nilai-nilai budaya Indonesia," Maruarar atau kerap disapa Ara ini memastikan.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved