Gubernur Ehime Jepang Akan Kunjungi Sulawesi Selatan

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyambut baik kedatangan Gubernur Ehime Jepang, Tokihiro Nakamura

Gubernur Ehime Jepang Akan Kunjungi Sulawesi Selatan
Setwapres.ID
Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Gubernur Ehime Jepang Tokihiro Nakamura, didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyambut baik kedatangan Gubernur Ehime Jepang, Tokihiro Nakamura ke Indonesia.

Ia mengatakan, direncanakan Gubernur Tokihiro Nakamura akan bertolak menuju Makassar, Sulawesi Selatan, pada esok hari 15 Januari 2019.

Nurdin Abdullah menyebut, kedatangan Tokihiro ke kota Daeng itu untuk kerja sama pengembangan aquakultur.

"Mereka (rombongan Tokihiro Nakamura) akan mengembangkan budidaya ikan tuna, dan beberapa ikan ikan yang memang kualitas ekspor. Kita berharap besok di Makassar, kita tanda tangan MoU ini tahapan awal untuk pengembangan SDM," kata Nurdin Abdullah, di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019).

Mantan Bupati Bantaeng ini, mengatakan, dalam kesepakatan yang akan diteken, ke depan Pemerintah Daerah akan mengirimkan sejumlah Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang aquakultur untuk dilatih di Jepang.

Baca: Alat Pendeteksi Tsunami Bakal Dijaga Anggota TNI

"Sambil mempersiapkan SDM-nya, infrastruktur juga mulai kita bangun dan mereka juga sudah siap mitra di Indonesia untuk bekerja sama. Jadi mereka kita harap ada kemitraan, supaya transfer teknologi, transfer knowledge berjalan," harapnya.

Rombongan Gubernur Ehime Jepang, Tokihiro Nakamura, turut pula membawa sejumlah pelaku bisnis, baik dari perusahaan maupun perbankan.

Gubernur Tokihiro sendiri berharap, akan ada kesepakatan baru terjalin diantara kedua Pemda.

Nurdin mengatakan, saat menjabat menjadi Bupati Bantaeng, kerja sama antar Pemda telah berlangsung selama 8 tahun.

"Kami akan menjalin kerjasama dengan Provinsi Sulawesi Selatan," harap Gubernur Tokihiro

Diketahui, kunjungan Gubernur Ehime Jepang, Tokihiro Nakamura dan rombongan ke Sulawesi Selatan, merupakan kunjungan balasan Nurdin yang sebelumnya bertolak ke Jepang, pada 12-17 Desember 2018.

Kunjungan Nurdin Abdullah bersama rombongan tersebut dalam rangka menjajaki potensi kerja sama antara dua daerah pada berbagai bidang.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved