Jokowi Akan Segera Keluarkan Perpres Terkait Kendaraan Bermotor Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Peraturan Presiden (Perpres) terkait program kendaraan bermotor listrik akan segera dirampungkan.

Jokowi Akan Segera Keluarkan Perpres Terkait Kendaraan Bermotor Listrik
Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris
Presiden Joko Widodo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Peraturan Presiden (Perpres) terkait program kendaraan bermotor listrik akan segera dirampungkan.

Jokowi menjelaskan, dilaksanakannya rapat terbatas percepatan program kendaraan bermotor listrik yaitu untuk menyiapkan Perpres mengenai kendaraan listrik secara detail.

Baca: 3 Fakta Terbaru Buaya Pemangsa Manusia di Minahasa, Dievakuasi 20 Orang dan Harus Jebol Pagar

"Jadi roadmapnya seperti apa, tahun berapa harus sudah pada presentase berapa. Tapi tadikan baru ratas, ya nanti kalau Perpresnya sudah selesai, sudah final nanti saya sampaikan, nanti sebentar lagi," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Menurut Jokowi, dalam Perpres tersebut nantinya ditentukan presentasi penggunaan kendaraan bermotor listrik di Tanah Air, mengingat Indonesia memiliki peluang menjadi pemain segmen tersebut karena memiliki produk lithium baterai.

Baca: Sempat Dikira Kucing, Ternyata dalam Kardus Itu Berisi Bayi

"Itu menjadi kunci. Kita memiliki nikel, kobalt, mangan yang itu menjadi sangat penting sekali dalam menyiapkan baterai untuk kendaraan listrik," ucap Jokowi.

"Jadi ini strategi bisnis, negara ini harus mulai diatur, sehingga nanti kita bisa melakukan sebuah lompatan menuju ke sebuah produk, baik motor maupun mobil yang memiliki kompetitiveness yang baik," ujar Jokowi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved