Jokowi Bagi Rahasia Sukses Usaha Mebeler Miliknya kepada Pengusaha Kecil Magetan

Jokowi mendorong pengembangan usaha mikro yang dikelola masyarakat menengah ke bawah di Kabupaten Magetan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan

Jokowi Bagi Rahasia Sukses Usaha Mebeler Miliknya kepada Pengusaha Kecil Magetan
surya/doni prasetyo
Presiden Jokowi didampingi Bupati Magetan Suprawoto mengunjungi pengusaha kecil menengah binaan Dinas Koperasi (Dinkop) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan yang membuka lapak di lapangan Desa Cepoko, Kecamatan Penekan, Magetan, Jumat (1/2-2019). 

TRIBUNNEWS.COM, MAGETAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pengembangan usaha mikro yang dikelola masyarakat menengah ke bawah di Kabupaten Magetan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar).

"Kerja keras saja, tanpa jujur dan disiplin sulit untuk bisa berhasil dalam berusaha. Kerja keras harus dibarengi dengan disiplin dan jujur," kata Jokowi saat bertemu dengan sekitar 3.000 pengusaha kecil menengah binaan Dinas Koperasi (Dinkop) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan di lapangan Desa Cepoko, Kecamatan Penekan, Kabupaten Magetan, Jumat (1/2-2019).

Jokowi juga sempat mengungkapkan perjalanan usahanya sebelum menjadi besar seperti sekarang. Dengan modal kepercayaan dari bank, mulai dari Rp 1 juta, menjadi Rp 10 juta, dan meningkat terus.

"Tapi dengan modal bank itu, saya bekerja keras tanpa kenal waktu. Berangkat pagi pulang ke rumah tengah malam. Benar-benar kerja keras, jujur dan disiplin," ujar Presiden yang sebelumnya punya usaha mebeler ini.

Selain memberikan dorongan semangat, Jokowi juga memberikan kenang-kenangan kepada empat pengusaha mikro yang diundang maju ke atas panggung berupa album foto bersama Jokowi di atas panggung itu.

"Biasanya saya suka memberikan sepeda, tapi sekarang dilarang, karena menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres). Album foto ini lebih menarik dan punya kenangan. Karena ada foto saya dan ibu-ibu pengusaha yang gigih berusaha meningkatkan kesejahteraan keluarganya," kata Jokowi.

Sesuai keterangan dari Dinkop Pemkab Magetan di Kabupaten Magetan ada 10.128 usaha kecil menengah yang diberikan suntikan modak kerja dengan besaran antara Rp 2-5 juta yang dikembalikan setiap pekan selama satu tahun atau 50 minggu.

Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Kabupaten Magetan ini semula direcanakan berkunjung ke tiga lokasi, diantaranya di Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Lapangan Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, dan Pondok Pesantren Al Fatah, Temboro, Kecamatan Karas.

Bahkan Jokowi dijadwalkan menunaikan salat Jumat di Masjid Agung, Magetan.

Namun, mendadak acara Jokowi ke sejumlah lokasi itu dibatalkan, karena akan dilanjutkan ke Ngawi untuk bertemu Bupati Ngawi Budi Sulistyo Kanang dan menunaikan salat Jumat di Masjid Agung Ngawi.

Tiga lokasi Kunjungan kerja (Kunker) Presiden Jokowi yang dibatalkan di Magetan, di antaranya Ponpes Al Fatah Temboro, pemberian listrik gratis di Desa Mojopurno Ngariboyo, dan salat Jumat di Masjid Agung Magetan.

Praktis Kunker Jokowi.di Kabupaten Magetan hanya dilakukan di satu lokasi di lapangan Desa Cepoko, Kecamatan Panekan, bertemu pengusaha kecil menengah yang menjadi binaan pemerintah.

Tentu saja batalnya kunker Jokowi disejumlah lokasi itu membuat masyatakat setempat kecewa. Sebab, jauh sebelum rencana kedatangan Jokowi, warga setempat menyiapkan dan menata lokasi yang akan dikunjungi Jokowi.

Namun karena ada acara mendadak di Ngawi, acara di tiga lokasi di Magetan di batalkan.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Jokowi Bagi Rahasia Sukses Usaha Mebeler Miliknya kepada Pengusaha Kecil Magetan, Begini Katanya

Editor: Sugiyarto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved