Pesan Mendagri untuk Khofifah dan Emil: Hati-hati Daerah Rawan Korupsi

"‎Saya kira hal-hal yang sudah baik dikerjakan Pakde Karwo selama 10 tahun bisa ditingkatkan, bisa dioptimalkan," ucap Tjahjo.

Pesan Mendagri untuk Khofifah dan Emil: Hati-hati Daerah Rawan Korupsi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri), Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (tengah) dan Gubernur Jambi Fachrori Umar (kanan) saat dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019). Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dilantik menjadi Gubernur Jawa Timur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk masa jabatan 2019-2024 sedangkan Fachrori Umar dilantik untuk sisa masa jabatan 2016-2021. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

 TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Jawa Timur (Jatim) yakni Khofifah dan Emil Dardak melanjutkan kerja dari pimpinan sebelumnya.

"‎Saya kira hal-hal yang sudah baik dikerjakan Pakde Karwo selama 10 tahun bisa ditingkatkan, bisa dioptimalkan," ucap Tjahjo menanggapi pelantikan Khofifah dan Emil di Istana Negara, Kamis (14/2/2019).

Tjahjo melanjutkan selama ini Provinsi Jatim merupakan provinsi yang cukup terkenal dengan beragam prestasinya. Dia meminta Khofifah dan Emil bisa membawa Jatim makin mendunia.

Baca: Khofifah - Emil Bakal Bakal Genjot Program Kerja Nawa Bhakti Satya pada 99 Hari Kerja

Hal lainnya, Tjahjo meminta ‎Khofifah dan Emil berkoordinasi dengan seluruh jajaran Pemda tingkat II terlebih berhati-hati dan memahami area rawan korupsi, khususnya perencanaan anggaran.

Terlebih dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kerap melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap kepala daerah di Jawa Timur. Yang lebih mencengangkan, terjadi korupsi massal di DPRD Malang.

"Ini yang menjadi pekerjaan rumah (PR) utama Bu Khofifah. Jatim banyak prestasi, banyak pula kepala daerah ditangkap. Dengan pengalaman Bu Khofifah baik di DPR, di kementerian. Pak Emil Dardak sudah pengalaman sebagai bupati, saya kira beliau sudah paham lah mengenai tata kelola pemerintahan. Yang penting membangun hubungan tata kelola pemerintahan antara daerah tingkat I dan tingkat II sampai ke tingkat desa," paparnya.

Baca: Ahok - Puput Dikabarkan Sudah Menikah, Adik BTP Singgung Kehidupan Salah: Panah Bisa Berbalik Arah

Terakhir menyambut Pilpres 2019, Tjahjo meminta Khofifah dan Emil berkoordinasi dengan Forkopida hingga tokoh agama dan masyarakat untuk mensukseskan Pilpres. 

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved