Pilpres 2019

Kuasai Ribuan Hektar Lahan Tanah HGU, Prabowo: Daripada Jatuh ke Asing, Lebih Baik Saya yang Kelola

Prabowo Subianto mengaku, menguasai ratusan ribu hektar lahan di Kalimantan Timur, hal itu lebih baik dibandingkan bila lahan tersebut dikuasai asing

Kuasai Ribuan Hektar Lahan Tanah HGU, Prabowo: Daripada Jatuh ke Asing, Lebih Baik Saya yang Kelola
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo bersama dengan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat melakukan Debat Kedua Calon Presiden Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua kali ini beragendakan penyampaian visi misi bidang Infrastruktur, Energi, Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengaku, menguasai ratusan ribu hektar lahan di Kalimantan Timur.

Menurut dia, hal itu lebih baik dibandingkan bila lahan tersebut dikuasai asing.

"Tapi dari pada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola," kata Prabowo saat debat Pilpres kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Sebelumnya, calon petahana Joko Widodo (Jokowi) menyebut Prabowo menguasai 220.000 hektar lahan di Kalimantan Timur dan 120.000 hektar lahan di Aceh Tengah.

Baca: Debat Capres Kedua- Jokowi Ungkap Pencapaian Pembangunan, Prabowo: Tidak Efisien & Grusa-grusu

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo bersama dengan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berSwafoto usai melakukan Debat Kedua Calon Presiden Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua kali ini beragendakan penyampaian visi misi bidang Infrastruktur, Energi, Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.  TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo bersama dengan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berSwafoto usai melakukan Debat Kedua Calon Presiden Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Debat kedua kali ini beragendakan penyampaian visi misi bidang Infrastruktur, Energi, Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Soal lahan di Aceh Tengah, Prabowo tak mengakuinya secara langsung. Hanya, ia membenarkan, menguasai lahan di beberapa lokasi.

"Saya juga minta izin tadi disinggung tentang tanah yang katanya kita kuasai di berbagai tempat. Itu benar. Tapi itu adalah hak guna usaha (HGU), itu adalah milik negara," kata dia.

Menurut Prabowo, dirinya siap bila lahan itu sewaktu-waktu diambil negara.

"Dan kalau untuk negara saya rela kembalikan itu semua," tandasnya.

Jokowi bagi-bagi sertifikat

Sebelumnya, Jokowi membanggakan pemerintahannya yang sudah membagikan konsesi lahan untuk masyarakat adat, hak ulayat, petani hingga nelayan.

Totalnya, kata Jokowi, sudah sekitar 2,6 juta hektar dari 12,7 hektar yang disiapkan pemerintah.

Halaman
123
Editor: suut amdani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved