TNI Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Bersama Basarnas dan Hawaii National Guard

Latihan bersama tersebut berupa kegiatan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) dan Table Top Exercise (TTX).

TNI Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Bersama Basarnas dan Hawaii National Guard
Dinas Penerangan Angkatan Darat
Asisten Teritorial (Aster) Divif-2/Kostrad Kolonel Inf Erwin 

TRIBUNNNEWS.COM, JAKARTA - TNI menggelar latihan Penanggulangan Bencana (Gulben) bersama Basarnas dan Hawai National Guard di Hotel Santika Premiere Malang selama 13 hari sejak 19-21 Februari 2019.

Latihan bersama tersebut berupa kegiatan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) dan Table Top Exercise (TTX).

Asisten Teritorial (Aster) Divif-2/Kostrad Kolonel Inf Erwin mengatakan, dalam Penanggulangan Bencana (Gulben) diperlukan adanya sinergitas dan kesatuan komando serta koordinasi yang melekat antar Aktor Kemanusiaan.

Hal itu disampaikan setelah melaksanakan Latihan Gulben bersama dengan Basarnas dan Hawaii National Guard (HING) di Malang, Jawa Timur pada Kamis (21/2/2019).

“SMEE, merupakan salah satu bentuk kegiatan pertukaran informasi tentang tugas-tugas yang dilaksanakan oleh militer masing-masing negara, dalam hal ini terkait dengan tugas bantuan kemanusiaan penanggulangan bencana baik di Indonesia maupun di Hawaii,” kata Erwin.

Ia menjelaskan, TTX adalah jenis latiham tanpa pasukan dengan metode diskusi atau study kasus.

“Sedangkan TTX sendiri, salah satu jenis latihan tanpa pasukan dengan metode diskusi atau study kasus. Adapun tajuk atau tema Latma ini, Urban Search and Rescue (USAR),” kata Erwin.

Erwin mengatakan, latihan tersebut diikuti oleh delapan orang delegasi dari Amerika dan 12 orang delegasi Indonesia yang diwakili olrh personel yang berasal dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU, masing-masing tiga orang dan dari Basarnas dua orang.

Baca: Kunjungan Dadakan Hingga Presiden Jokowi Tidur Selalu Dijaga Paspampres

“Saya sendiri selaku Ketua Delegasi Indonesia, sedangkan dari Amerika, Kolonel James Barros yang merupakan J3 atau Direktur Operasi Hawaii National Guard” tuturnya.

“Ini, kali pertama dilaksanakan. Tujuan dari Latma ini sendiri untuk semakin meningkatkan hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Amerika, khususnya dalam kegiatan penanggulangan bencana,” tambah Erwin.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved