Pemilu 2019

Wiranto Pimpin Rakor Bahas Persiapan Kampanye Terbuka Pemilu 2019

Rakorsus digelar di Gedung Utama ruang Bima Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir.

Wiranto Pimpin Rakor Bahas Persiapan Kampanye Terbuka Pemilu 2019
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Wiranto memimpin Rapat Kordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat menteri membahas kesiapan penyelenggaraan dan aparat keamanan menjelang kampanye terbuka tahun 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, Wiranto memimpin Rapat Kordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat menteri membahas kesiapan penyelenggaraan dan aparat keamanan menjelang kampanye terbuka tahun 2019.

Rakorsus digelar di Gedung Utama ruang Bima Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).

Pantauan Tribunnews.com sekitar pukul 10.10 WIB, Wiranto yang tampak mengenakan kemeja putih terlihat memimpin rapat.

Hadir dalam rapar tersebut, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi, Asops Panglima TNI Mayjen Ganip Warsito, dan Asops Kapolri Irjen Rudy Sufahriadi.

Baca: Kampanye Terbuka Pilpres 2019, Jokowi Disebut akan Turun ke Solo dan Sungkem Ibundanya

Tampak hadir pula, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan.

Wiranto menyampaikan bahwa ratap kordinasi ini dimaksudkan untuk mengingatkan tugas masing-masing, yakni pemerintah, penyelenggaran pemilu serta kemananan dalam menghadapi kampanye terbuka pada 23 Maret-13 April 2019 mendatang.

"Kita mencoba mengingatkan kembali tugas kita baik sebagai fasilitator pemetintah, KPU, Bawaslu, DKPP sebagai pihak penyelenggara pemilu dan TNI dan Polri sebagai bagian dari yang bertanggung jawab dalam keamanan," ungkap Wiranto membuka rapat.

Ia juga mengatakan, rapat ini bagain dari kordinasi mengantisipasip pihak-pihak yang berupaya mengacaukan pemilu serentah tahun 2019.

"Maka kita mengharapkan pemilu ini bisa berjalan dengan aman, tertib dan sukses karena merupakan bagian dari pendewasaan demokrasi Indonesia," jelas Wiranto.

Sementara itu, rapat dilanjutkan secara tertutup oleh awak media.

Diketahui, kampanye terbuka akan berlangsung pada 23 Maret-13 April 2019.

Setelah itu, KPU menetapkan hari tenang hingga pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019. 

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved