Pemilu 2019

Antisipasi Ada Caleg Gangguan Jiwa Pasca-Pemilu, RSUD Purwakarta Siapkan 2 Dokter Spesialis

Namun Agung tidak mengharapkan ada caleg yang mengalami gangguan jiwa karena Pileg 2019 ini.

Antisipasi Ada Caleg Gangguan Jiwa Pasca-Pemilu, RSUD Purwakarta Siapkan 2 Dokter Spesialis
SURYA/DIDIK MASHUDI
Ilustrasi orang gila 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - RSUD Bayu Asih Purwakarta telah menyiapkan ruangan khusus untuk calon anggota legislatif Pemilu 2019 yang stres atau mengalami gangguan jiwa akibat tekanan masa kampanye atau kalah dalam pemilu.

Direktur Utama RSUD Bayu Asih Purwakarta, Agung Darwis Suriatmadja, mengatakan ada satu ruangan khusus dengan fasilitas tiga kasur untuk caleg yang stres.

"Karena memang prosedurnya seperti itu. Setiap rumah sakit apalagi RSUD harus menyiapkan fasilitas khusus untuk pasien yang memiliki gangguan jiwa," kata Agung Darwis Suriatmadja saat ditemui di komplek Pemda Purwakarta, Nagri Tengah, Purwakarta, Selasa (19/3/2019).

Baca: Caleg Jadi Pimpinan Komplotan Pencuri Bermodus Gembos Ban di Bogor, Polisi Amankan Uang Rp 40 Juta

Selain fasilitas kamar, rumah sakit milik pemerintah daerah yang beralamat di Jalan Veteran, Nagri Kaler, Purwakarta, itu, menyiagakan dua dokter spesialis kejiwaan.

Menurutnya, RSUD Bayu Asih ada ruangan khusus berikut dengan tim medisnya, bahkan, jika kewalahan RSUD sudah bekerja sama dengan RSJ Bandung.

Namun Agung tidak mengharapkan ada caleg yang mengalami gangguan jiwa karena Pileg 2019 ini.

"Di Pemilu 17 April 2019 mendatang, kami berharap tidak ada caleg yang stres akibat kalah," ujar Agung Darwis Suriatmadja.

Berdasarkan pengalaman pada pemilu sebelumnya, di Purwakarta tidak ada kejadian caleg yang mengalami gangguan jiwa pasca pencoblosan.

Menurut Agung Darwis Suriatmadja tidak ada laporan ataupun pasien berlatar belakang caleg yang mengalami gangguan jiwa yang dirawat di RSUD Bayu Asih.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved