PKB Berhasil Perjuangkan Hasil Munas-Konbes NU Jadi Resolusi CDI

CDI melalui Konferensi Komite Eksekutif, di Brussel, Belgia pada Rabu (10/4/2019) memutuskan menerima secara aklamasi usulan resolusi dari PKB.

PKB Berhasil Perjuangkan Hasil Munas-Konbes NU Jadi Resolusi CDI
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat menggelar konferensi pers terkait resolusi yang dikeluarkan Centrist Democrat International (CDI) di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019). Pada konferensi pers tersebut membahas mengenai konferensi Komite Eksekutif menerima secara aklamasi usulan resolusi PKB yang dalam batang tubuhnya memuat hasil-hasil musyawarah Alim Ulama Nahdlatul Ulama. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil memperjuangkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) menjadi resolusi yang diterima Centrist Democrat International (CDI).

Hasil Munas-Konbes NU yang digelar di Kota Banjar pada 27 Februari hingga 1 Maret 2019 itu menghasilkan 4 konsep Persaudaran Kemanusiaan yang merupakan landasan bagi lahirnya peradaban dunia.

CDI melalui Konferensi Komite Eksekutif, di Brussel, Belgia pada Rabu (10/4/2019) memutuskan menerima secara aklamasi usulan resolusi dari PKB.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di kantor PBNU, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

"Resolusi ini dalam batang tubuhnya memuat hasil-hasil Musyawarah Alim Ulama Nahdlatul Ulama di Kota Banjar Jawa Barat pada tanggal 27 Februari sampai 1 Maret 2019, termasuk dukungan terhadap Piagam Persaudaran Kemanusiaan yang ditandatangani bersama oleh Grand Syaikh Al-Azhar Dr. Ahmad ath-Thayyeb dan Paus Fransiskus di Abu Dhabi pada tanggal 4 Februari 2019," ujar Cak Imin.

CDI adalah koalisi internasional partai-partai di seluruh dunia dengan anggota lebih dari 151 partai dari 70 negara di penjuru Eropa, Afrika, Asia Tengah, dan Amerika Latin.

Baca: Eks Ketua KPK Ragu Pimpinan Jilid IV Tuntaskan Kasus Korupsi Parpol Pendukung Pemerintah

Termasuk partai berkuasa di 13 negara Eropa seperti Jerman, Belgia, Hungaria dan negara lainnya.

"CDI membantu dalam menangani berbagai permasalahan, keputusan yang melibatkan Centrist Democrat International menyatukan pandangan gagasan konsolidasi rekomendasi yang telah melahirkan berbagai komponen pemerintahan di Eropa, Afrika maupun Asia Tenggara. Anggotanya  antara lain Perdana Menteri Jerman," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Muhaimin didampingi oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, dan Rais Am PBNU Yahya Cholil Staquf.

Sebagai informasi, pada bulan November 2018 PKB telah diterima sebagai anggota penuh dari Centrist Democrat International (CDI) dalam Konferensi Komite Eksekutif-nya di Cape Verde.

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved