Kata Menteri PUPR soal Wacana Pemindahan Ibu Kota

dari lokasi letak Ibu Kota baru yang paling pas berada di tengah-tengah Indonesia yaitu Kabupaten Mamuju

Kata Menteri PUPR soal Wacana Pemindahan Ibu Kota
Theresia Felisiani
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta muncul kembali setelah Presiden Joko Widodo menggelar rapat tertutup membahas hal ini di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan dari lokasi letak Ibu Kota baru yang paling pas berada di tengah-tengah Indonesia yaitu Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Sayangnya daerah tersebut rawan terkena bencana gempa bumi atau masuk dalam cincin api sehingga dianggap kurang layak untuk menjadi ibu kota.

"Karena daerah itu dianggap kurang layak maka yang paling aman dari masalah gempa bumi yaitu Kalimantan baik di Kalimantan Timur maupun Kalimantan Tengah. Hal itu berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Kalimantan yang clear," tutur Basuki, Jumat (3/5/2019).

Baca: Performa Valentino Rossi Bikin Direktur Yamaha Yakin Menatap MotoGP Spanyol 2019

Baca: Soroti Hasil Ijtima Ulama 3, Tanggapan TGB Disambut Tepuk Tangan Penonton

Unsur lainnya, diungkap Basuki, daerah Kalimantan tanahnya sangat luas sehingga tidak ada masalah dalam pembangunan ibu kota baru.

"Harus ada tanah ada sumber daya air dan harus dekat pantai atau akses ke pantai walaupun tidak harus di tepi pantai karena kita ini negara maritim," tegas Basuki.

Bercerita soal wacana pemindahan ibu kota, Basuki menjelaskan rencana tersebut sudah ada sejak dua tahun lalu. Dimana ada dua kementerian yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi untuk mengkaji.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ditugaskan untuk mengkaji perlu atau tidaknya pindah ibu kota sedangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ditugasi membuat konsep desainnya.

Basuki memastikan kementeriannya sudah mengantongi desain pembangunan ibu kota baru tersebut. Desain itu dapat langsung diterapkan jika ibu kota baru sudah diputuskan lokasinya.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved