Ramadan 2019

Pemantauan Hilal di Jakarta Timur Terkendala Cuaca dan Gedung Tinggi

Pemantauan hilal di lantai tujuh, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta Timur, terkendala cuaca.

Pemantauan Hilal di Jakarta Timur Terkendala Cuaca dan Gedung Tinggi
Tribunnews.com/ Lendy Ramadhan
Kepala Bidang Urusan Agama dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Purwanto melakukan pemantauan hilal di lantai tujuh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (5/5/2019). Pemantauan tersebut untuk menentukan awal Ramadan 2019. Tribunnews/Lendy Ramadhan 

Laporan wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemantauan hilal di lantai tujuh, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta, Jatinegara, Jakarta Timur, terkendala cuaca dan gedung-gedung tinggi.

Pemantauan yang bertujuan untuk menentukan awal Ramadan 2019 itu dilakukan Kepala Bidang Urusan Agama dan Pembinaan Syariah Kemenag, Purwanto beserta timnya, Minggu (5/5/2019).

Purwanto mengungkapkan, tiga alat pantau dikerahkan untuk memastikan hilal terlihat jelas.

Baca: Malam Ini Salat Tarawih Pertama, KPU Beri Tawaran Proses Rekapitulasi Suara Selesai Saat Magrib

"Ini kita kerahkan tiga alat, di antaranya dua teropong. Satu teropong manual dan satunya teropong elektrik. Saat ini hilal masih buram ketutup awan, terus terhalang gedung-gedung tinggi juga. Tapi kita tetap terus coba untuk lihat," kata Purwanto.

Purwanto menjelaskan, selain di Kanwil Kemenag DKI Jakarta, pemantauan juga dilakukan di beberapa tempat lain di Jakarta, di antaranya, Kepulauan Seribu dan Jakarta Barat.

Baca: Malindo Air Mulai Terbangi Rute Zhengzhou dan Chengdu

"Nantinya, bila ada yang melihat hilal paling awal, akan disumpah oleh hakim. Nanti melihatnya juga bisa secara bergantian bila sudah terlihat minimal dua derajat, maka awal Ramadan sudah bisa ditentukan," kata Purwanto.

Menag pimpin sidang isbat

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memimpin sidang isbat atau penetapan awal Ramadan 1440H/2019M.

Sidang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2019) sore.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Komisi VIII di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, MH.Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu sore (5/5/2019).
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Komisi VIII di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, MH.Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu sore (5/5/2019). (Tribunnews.com/ Rina Ayu)
Halaman
123
Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved