Pemilu 2019

Sudah 31 Kepala Negara Sampaikan Selamat kepada Jokowi Atas Suksesnya Pemilu 2019

Hingga kemarin, sudah ada 31 kepala negara dan pimpinan lembaga dunia yang menyampaikan selamat kepada Presiden Joko Widodo.

Sudah 31 Kepala Negara Sampaikan Selamat kepada Jokowi Atas Suksesnya Pemilu 2019
Biro Pers Istana Kepresidenan/Rusman
Presiden Jokowi menyalami dan mempersilakan Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY untuk mengambil tempat yang disediakan di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala negara dan kepala pemerintahan negara sahabat memuji suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan pemilihan presiden yang dilaksanakan 17 April lalu.

Ucapan terkini disampaikan Perdana Menteri Kerajaan Inggris Theresa May kepada Presiden Joko Widodo.

Hingga kemarin, sudah ada 31 kepala negara dan pimpinan lembaga dunia yang menyampaikan selamat.

"Ucapan tersebut disampaikan melalui sambungan telepon sekitar pukul 19.00 WIB di Istana Bogor, semalam," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin melalui keterangan tertulis, Minggu (5/5/2019).

Bey Machmudin mengatakan, menjawab ucapan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada PM Theresa May.

Jokowi menjelaskan Pemilu 2019 di Indonesia berjalan damai, adil, dan transparan.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Kerajaan Inggris terkait pelaksanaan pemilu untuk WNI di London.

Baca: Foto-foto Presiden Jokowi Salat Tarawih Pertama di Masjid Jenderal Besar Soedirman Bogor

"Di akhir pembicaraannya, kedua pemimpin negara juga sepakat akan terus meningkatkan kerja sama sebagai tanda peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kerajaan Inggris," kata Bey Machmudin.

Sebelumnya, sehari usai pencoblosan Pilpres 17 April 2019, Presiden Jokowi juga telah menerima ucapan selamat atas Pemilu 2019 dari 22 pemimpin negara.

Mereka yang menghubungi, seperti yang disebutkan Jokowi, adalah Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Dari siang sampai sore tadi kita telah menerima telepon dari Perdana Menteri Malaysia dokter Tun Mahathir Mohamad. Dan, juga Perdana Menteri Singapura, PM Lee Hsien Loong. Dan, juga dari Presiden Turki, Presiden Erdogan," ujar Jokowi saat memberikan pernyataan terbuka di sela pertemuan dengan para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pendukung di Resto Pelataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019), petang.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved