Presiden Joko Widodo: Jalan Tol Balikpapan Samarinda Diresmikan Akhir 2019

Presiden Joko Widodo memastikan tol Balikpapan Samarinda di Provinsi Kalimantan Timur, akan diresmikan pada akhir tahun ini.

Presiden Joko Widodo: Jalan Tol Balikpapan Samarinda Diresmikan Akhir 2019
Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Selasa, (7/5/2019), mengunjungi Provinsi Kalimantan Timur dimana salah satu wilayahnya menjadi calon bagi ibu kota baru Republik Indonesia. Pemerintah menyeriusi wacana pemindahan ibu kota yang telah dirintis sejak era presiden pertama 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, KALIMANTAN TIMUR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tol Balikpapan Samarinda di Provinsi Kalimantan Timur, akan diresmikan pada akhir tahun ini. 

"Insya Allah akhir tahun (diresmikan)," ujar Jokowi sela-sela meninjau lokasj alternatif Ibu kota baru di Bukit Soeharto dari jalan tol Balikpapan Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (7/5/2019).

Menurut Jokowi, proses kontruksi pengerjaan jalan tol tersebut saat ini tinggal 14 persen, dimana masih ada kendala terkait pembebasan lahan milik warga. 

"Ada urusan pembebasan lahan yang masih masalah, ini sudah selesai. Sebagian sudah (bisa digunakan)," kata Jokowi.

Untuk arus mudik tahun ini, Jokowi melihat belum dapat digunakan oleh warga karena masih dalam tahap pengerjaan. Tetapi, tahun depan dapat lalui oleh kendaraan.

Baca: Terinspirasi Warisan Jokowi dan Ahok, Saksi Ini Titip Staf Ahok Lolos DPRD DKI Lakukan Ini

"Mudik lebaran tahun depan (sudah bisa digunakan)," tuturnya. 

Jalan tol Balikpapan - Samarinda merupakan tol pertama di Kalimantan dengan panjang total  99,35 kilo meter.  Adanya jalan tol ini, maka jarak tempuh dari Balikpapan ke Samarinda menjadi satu jam dari sebelumnya tiga atau dua jam. 

Pembangunan jalan tol ini menelan anggaran Rp9,9 triliun dari dana skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved