Pemilu 2019

Bawaslu Sebut Ada Perbedaan Data C1 Kabupaten Boyolali dengan yang Ditemukan di Menteng

Meski ditemukan ada perbedaan, sambung Taryono, pihaknya belum dapat menyampaikan hasilnya karena masih harus menunggu kepastian dari ...

Bawaslu Sebut Ada Perbedaan Data C1 Kabupaten Boyolali dengan yang Ditemukan di Menteng
TRIBUN/AMRIYONO PRAKOSO
Wartawan mengintip ke dalam mobil Daihatsu Sigra yang diamankan di Kantor Bawaslu DKI Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019). Mobil tersebut diamankan setelah terkena razia Polisi lantaran diduga mengangkut ribuan form C1 palsu Pemilu 2019 dalam beberapa kardus TRIBUNNEWS/AMRIYONO PRAKOSO 

TRIBUNNEWS.COM, BOYOLALI - Dari hasil penyandingan data C1 yang ditemukan di Menteng, Jakarta Pusat dengan data C1 di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Bawaslu Boyolali menemukan adanya perbedaan.

"Kemarin Bawaslu Jakarta Pusat sudah mengirim sampel C1 yang ditemukan di Menteng. Setelah kita sandingkan dengan C1 yang ada di kami itu memang ada perbedaan," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Boyolali Taryono saat dikonfirmasi Kompas.com via telepon, Rabu (8/5/2019).

Baca: KPU Jateng Curiga Temuan Ribuan C1 Asal Kabupaten Boyolali di Menteng Jakarta Tak Resmi

Meski ditemukan ada perbedaan, sambung Taryono, pihaknya belum dapat menyampaikan hasilnya karena masih harus menunggu kepastian dari Bawaslu Provinsi DKI Jakarta dan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

Baca: DPD RI Sebut Pemilu Berikutnya Tak Boleh Ada Lagi Petugas KPPS Dipaksa Kerja Sampai Subuh

Pihaknya juga belum dapat memastikan formulir C1 yang ditemukan di Menteng, Jakarta Pusat tersebut palsu atau tidak.

"Yang jelas itu ada perbedaan antara C1 yang ada di kami dengan C1 yang ditemukan di Menteng. Masalah palsu dan tidaknya itu belum bisa mengatakan. Harus melalui investigasi lebih lanjut," ujar dia.

Taryono menyampaikan temuan dua kardus formulir C1 di Menteng, Jakarta Pusat tersebut telah ditangani oleh Bawaslu DKI Jakarta.

Bawaslu Boyolali, katanya hanya menerima laporan dari Bawaslu DKI Jakarta. Bahkan, terang Taryono, Bawaslu Boyolali siap jika sewaktu-waktu dilibatkan untuk membantu dalam melakukan pemeriksaan terhadap penemuan dua kardus formulir C1 tersebut.

"Kita siap untuk membantu dan kita akan membawa bukti-bukti di kami," ujarnya.

Taryono menjelaskan formulir C1 yang dipegang oleh jajaran KPU dibubuhi hologram dan disimpan di KPU.

Baca: Jokowi-Maruf Dilaporkan Menang 100 Persen pada 61 TPS di Boyolali

Sementara C1 yang dibagikan kepada para saksi peserta pemilu merupakan salinan dalam bentuk fotokopian.

"Nanti kita lihat yang ditemukan di Menteng itu berhologram atau tidak. Sedangkan sebagai bukti yang utama itu yang berhologram dan ada di KPU Boyolali," ungkap Taryono.

Penulis : Kontributor Solo, Labib Zamani

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Bawaslu Boyolali Sandingkan Data dengan Temuan C1 di Menteng, Ini Hasilnya

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved