Ganjar Pranowo Terima Pengargaan dari Jokowi: Jateng Provinsi dengan PPD Terbaik Tahun 2019

Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi dengan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik 2019 oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapp

Ganjar Pranowo Terima Pengargaan dari Jokowi: Jateng Provinsi dengan PPD Terbaik Tahun 2019
Ist
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan tersebut diterima Ganjar Pranowo di sela pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (9/5/2019) kemarin. 

Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi dengan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik 2019 oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Atas capaian itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan tersebut diterima Ganjar Pranowo di sela pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis (9/5/2019) kemarin.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jateng Prasetyo Aribowo mengatakan reformasi birokrasi yang dipelopori Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjadi kunci penerimaan penghargaan ini.

"Jateng unggul dari sisi perencanaan, inovasi, penurunan kemiskinan, integrasi program dan kelembagaan yang efektif dan reformatif," katanya, Jumat (10/5/2019).

Jateng berhasil mengungguli 33 provinsi lain di Indonesia, dan menempatkan Provinsi Jawa Timur serta Provinsi Sumatera Selatan secara berurutan berada di posisi dua dan tiga. Pada tingkat kota dan kabupaten, Prasetyo mengatakan dua wilayah di Jateng juga berhasil jadi yang terbaik.

"Untuk Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat kabupaten, Temanggung berhasil jadi yang terbaik kedua. Sementara Kota Semarang menyabet PPD Terbaik dan Penerapan KPBU (Kerjasama Pemerintah Badan Usaha) terbaik," ujarnya.

Untuk PPD Tingkat Kota, Semarang berhasil mengungguli Kota Denpasar, Bali dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sementara Kabupaten Temanggung, diapit oleh Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat dan Kabupaten Tabanan, Bali.

Pemberian penghargaan ini melewati proses yang sangat panjang. Prasetyo Aribowo menyampaikan, penjurian dilakukan melalui proses berjenjang dengan melibatkan kalangan profesional, akademisi serta praktisi pembangunan.

Objek dan ruang lingkup penilaian mencakup dokumen RKPD, proses penyusunan RKPD, pencapaian pelaksanaan dan inovasi yang dikembangkan serta penilaian khusus terkait pelaksanaan pembangunan di daerah.

“Dialog interaktif legislatif-eksekutif-RKPD melalui musrenbang yang dilakukan secara keliling, kemiskinan yang terus menurun signifikan dan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) melalui program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng ini menjadi sejumlah program unggulan dari Jawa Tengah,” tambahnya

Ia berharap penghargaan ini menjadi semangat untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved