Mudik Lebaran 2019

Pengamat: Berhasil di Jagorawi, Sistem Terbuka Juga Sukses di Japek

Relokasi Gerbang Tol Cikarang Utama (GT Cikarut) bisa dinilai berkontribusi besar dalam kelancaran arus mudik dan balik 2019.

Pengamat: Berhasil di Jagorawi, Sistem Terbuka Juga Sukses di Japek
KOMPAS TV/Kompas TV/Bondan Wicaksono
Kendaraan melintasi searah ke Jakarta di Gerbang Tol Cikampek Utama I, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019) malam. Korlantas Polri terus memberlakukan sistem satu arah atau "one way" ke arah Jakarta selama arus balik Lebaran 2019 mulai dari KM 414 Ungaran, Jawa Tengah hingga KM 29 Cikarang, Jawa Barat untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik. Kompas TV/Bondan Wicaksono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Relokasi Gerbang Tol Cikarang Utama (GT Cikarut) bisa dinilai berkontribusi besar dalam kelancaran arus mudik dan balik 2019.

Pengamat Tata Kota, Yayat Supriyatna, menjelaskan bahwa relokasi GT Cikarut mengurai penumpukan antrian kendaraan yang sebelumnya terpusat di GT Cikarang Utama.

Sebelumnya penumpukan terjadi karena baik arus yang hendak menuju Gerbang Tol Utama Cikampek maupun yang akan menuju ke arah Bandung melalui ruas jalan tol Cikampek arah Purbaleunyi menjadi satu.

Yayat menambahkan bahwa keberhasilan dalam mengurai kemacetan arus mudik tahun ini tidak terlepas dari sinerjitas sejumlah stakeholders.

“Mengatur kelancaran 1 juta lebih arus kendaraan antar kota dalam satu periode waktu yang sama bukanlah hal yang mudah. Fenomena mudik secara masif mungkin hanya terjadi di Indonesia pada saat lebaran” jelas Yayat.

Baca: Raditya Dika Ikut Sindir Angela Gilsha Soal Tangisan Bayi di Pesawat: Logikanya Salah

Baca: Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2019, BPN Minta Komisioner KPU Diberhentikan hingga Pernyataan Prabowo

BPJT, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, BUJT dan Korlantas Polri, jelasnya, telah bekerjasama dengan baik dalam menjalankan peranya masing-masing mengatur arus mudik tahun ini.

“Sistem terbuka sudah terbukti berhasil pada penerapannya di ruas jalan tol Jagorawi yang dimulai tahun 2017 dan mampu mengakomodasi transportasi laju perkembangan kota di sekitarnya,” ungkap Yayat.

Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) di Cibubur, Jakarta Timur
Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) di Cibubur, Jakarta Timur (Alex Suban/Alex Suban)

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, musim mudik lebaran tahun ini terpantau jauh lebih lancar. Kelancaran perjalanan mudik Lebaran 2019 terutama yang melalui Tol Trans-Jawa seakan berhasil menggeser mitos lama terkait mudik lebaran yang pada pelaksanaan mudik di tahun tahun sebelumnya dipastikan selalu identik dengan antrian panjang dan kecelekaan.

“Kelancaran arus mudik dan balik adalah menifestasi dari bentuk kematangan persiapan baik dari mulai fasilitas tambahan dan kelayakan rest area, relokasi GT yang dianggap menghambat laju daripada kendaraan yang melintas," tambah Yayat.

Adapun yang masih perlu diperhatikan dan tentunya menjadi catatan bagi seluruh pihak yang menangangi jalan tol adalah terkait arus balik.

Baca: Jelang Sidang Gugatan Pilpres 2019, BPN Minta Komisioner KPU Diberhentikan hingga Pernyataan Prabowo

Baca: Strategi Allianz Indonesia Siapkan Kualitas dan Kompetensi SDM di Era Transformasi Digital

Halaman
12
Penulis: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved