Senin, 6 Juli 2015
Tribunnews.com

Bidik Pasar Kalimantan, Truk Belarusia Garap Pasar RI

Senin, 8 April 2013 18:05 WIB

Bidik Pasar Kalimantan, Truk Belarusia Garap Pasar RI
TRIBUNNEWSCOM/CHOIRUL ARIFIN
Dump truck Maz 6x4 saat dipamerkan Indonesia Bus and Truck Exhibition (IIBT) 2013

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  Permintaan industri pertambangan dan perkebunan di Indonesia yang tinggi terhadap kendaraan niaga, khususnya truk, membuat produsen truk dan bus asal Belarusia, Maz, ikut menggarap pasar ini.

Belarusia merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet dan menjadi satu-satunya negara eks Uni Soviet yang memiliki basis industri otomotif dan militer kuat di kawasan Balkan.

Melalui agen tunggalnya di Indonesia, PT Pratistha Mahayana Sajati (PMS), Maz memasarkan dumptruck 6x4 untuk sektor usaha pertambangan dan perkebunan, serta tractor head 6x4 untuk angkutan kargo dan bulk cargo antar-kota. Pasar yang saat ini pertama digarap adalah pelaku industri tambang batubara di Kalimantan Timur dengan melakukan penjualan 10 unit Maz 6x4 tipe 656087 dump truck ke pembeli PT Alip Multi Energy, sebuah perusahaan transportasi batubara berbasis di Tenggarong, Kalimantan Timur.

Arief Wiriadinata, Direktur Utama PT PMS kepada Tribun di Jakarta, baru-baru ini mengatakan, PT Alip merupakan pembeli dump truck pertama Maz di Kalimantan. Kepada customer ini, ihaknya memberikan garansi dan support suku cadang on site hingga 3 tahun ke depan.

Selain itu, untuk mendukung keandalan armada, pihaknya juga menempatkan supervisor mekanik truk Maz yang didatangkan langsung dari kantor pusat Maz di Belarus.

Selain membantu menangani perawatan kendaraan Maz yang dibeli PT Alip, mekanik tersebut juga memberi pelatihan kepada mekanik PT Alip Multi Energy tentang seluk beluk perawatan dan perbaikan truk Maz.

Transaksi pembelian ke-10 unit dump truck Maz dilakukan kedua pihak di hari terakhir penyelenggaraan pameran kendaraan niaga Indonesia International Bus and Truck (IIBT) Show 2013 yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, 26 sampai 29 Maret 2013 lalu.

Halaman123
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas