• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 20 Agustus 2014
Tribunnews.com

Pekan Depan, Mercedes-Benz Luncurkan Bus Mewah O500 R

Jumat, 31 Mei 2013 19:00 WIB
Pekan Depan, Mercedes-Benz Luncurkan Bus Mewah O500 R
Tribunnews.com/Choirul Arifin
Bus Mercedes-Benz O500R PO Blue Star, Jakarta 

 TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) memantapkan diri menjadi pemimpin pasar otomotif untuk penjualan bus mewah di pasar Indonesia. Setelah meluncurkan bus mewah bersuspensi udara OH 1626 yang bermain di kelas 260 hp beberapa bulan lalu, awal pekan depan MBI akan kembali meluncurkan bus mewah bersuspensi udara O500 R 1836 untuk kelas di atasnya, yakni 360 hp.

Undangan yang diterima redaksi Tribun hari ini menyebutkan, acara peluncuran akan dilakukan di sebuah tempat di Bogor. Di pasar Asia, selain Indonesia, Thailand juga menjadi pasar bus mewah ini.

Bedanya, Mercedes-Benz Thailand memasarkan tipe bus O500 RS 1836. Berdasarkan data di situsnya di www.mercedes-benz.co.th, bus ini menggunakan mesin OM 457 LA yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 265 kW (360 hp) dan sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3.

Bus juga sudah dilengkapi stabiliser pada axle depan dan belakang. Untuk fitur keselamatan di jalan, bus ini juga sudah menggunakan sistem pengereman full air brake yang dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS), exhaust brake dan top brake. Fitur lainnya adalah electronic tachograph.

Di acara peluncurannya nanti juga akan dilakukan test drive dengan mengundang sejumlah pengusaha bus di Tanah Air. Belum diketahui berapa harga jual bus ini. Namun sumber Tribun menyebutkan, sejumlah perusahaan otobus (PO) besar di Pulau Jawa seperti Pahala Kencana, Blue Star, Safari Dharma Raya, Nusantara, Harapan Jaya, dan di Sumatera seperti Karnia dan Pelangi sudah membeli bus tipe ini dan bus pertama mereka sudah dibuatkan karoserinya.

MBI sebenarnya juga pernah meluncurkan bus mewah lainnya ke pasar Indonesia, yakni O500 R 1830, beberapa waktu lalu. Namun hanya dipasarkan terbatas sebanyak 40 unit dan terserap ke sejumlah perusahaan otobus di Jawa, Sumatera dan Sulawesi untuk angkutan bus antarkota dan armada pariwisata. (choirul arifin)

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
1853612 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • indra rusdianto-Sabtu, 1 Juni 2013 Laporkan
    nama aslinya itu OC 500 RF 1836 (yang tertulis di website).......mungkin pihak MBI salah kasih nama tu........
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas