• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribunnews.com

Jurus Jitu Sulap Pelek Seken Jadi Baru

Selasa, 11 Juni 2013 10:15 WIB
Jurus Jitu Sulap Pelek Seken Jadi Baru
Otomotifnet

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Belum punya cukup budget untuk upgrade kaki-kaki biar tampil lebih gagah dan kekar? Ya enggak harus tebus peranti kaki-kaki baru juga kalee. Kalau dananya hanya cukup buat bayarin pelek second, kenapa tidak?

Tuh, buktinya lumayan banyak pengunjung gelaran Otobursa Tumplek Blek 2013 yang digelar Mei lalu di Senayan, Jaksel, yang berburu pelek bekas. Mereka terlihat happy-happy saja karena berhasil mendapat pelek yang dicari.

Enggak perlu risau bila kebetulan dapat pelek dengan motif yang dimaui namun kondisinya agak ‘buluk’. “Mudah kok dibersihkan. Tapi selama itu bukan baret-baret ya. Kalau cuma jamur atau noda saja sih masih bisa dibersihkan,” bilang Rahman, punggawa bursa pelek bekas RMB di Jl. Warung Buncit, Jaksel yang kala itu juga buka stand di Otobursa Tumplek Blek.

Sekalipun itu noda membandel lo. Terutama di bagian dalam pelek yang memang jarang kena cuci saat lagi terpasang di mobil. “Biasanya kotoran yang lama hinggap akan membuat permukaan cat pada pelek jadi agak menguning.

Nah, untuk menghikangkan noda-noda atau jamur seperti itu, Rahman punya formula dan langkah-langkah jitu dalam membersihkannya. Hasilnya, bisa dibikin setidaknya mendekati baru.

Ini dia triknya :

1. Jenis-jenis noda pada pelek yang masih bisa dibersihkan. Bagian belakang pelek yang jarang dicuci, bisa menimbulkan noda menguning ada permukaan pelek.

2. “Biasanya saya pakai cairan pembersih khusus pelek. Namanya Pro Clean. Per galonnya Rp 80 ribuan,” jelas Rahman. Cairan ini banyak kok dijual di toko car care.

3. Cara pakainya, tuangkan cairan pembersih tadi pada wadah yang lebih kecil, misalnya pada kemasan air mineral berbentuk gelas. Lalu campurkan sabun colek sekitar 1 sendok makan dan aduk sampai rata

4. Setelah adukan rata, baru deh gunakan untuk membersihkan bagian pelek yang bernoda. Bisa gunakan kuas atau kain. “Cukup olesi bagian yang bernoda saja, jangan sampai terkena bagian yang sudah bersih ya,” wanti Rahman.

5. Jika sudah diolesi, diamkan beberapa saat lalu seka pakai kain bersih sekenanya saja dan bilas dengan air besih. “Tidak perlu digosok-gosok kayak lagi moles,” ujarnya lagi.

Editor: fajar anjungroso
Sumber: Otomotif Net
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
1892812 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
Atas