Jumat, 21 November 2014
Tribunnews.com

Kehadiran Daihatsu Ayla Ditunggu Warga Jambi

Selasa, 18 Juni 2013 01:45 WIB

Kehadiran Daihatsu Ayla Ditunggu Warga Jambi
KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES
Daihatsu Ayla diluncurkan di Ritz Carlton Ballroom, SCBD, Jakarta, Rabu (19/9/2012).

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Daihatsu Ayla yang merupakan Low Cost Green Car (LCGC), diperkirakan hadir di Jambi dalam waktu dekat.

"Melihat peningkatan data terhadap penjualan mobil city car di Jambi yang selalu berkembang, saya rasa Ayla akan banyak dicari masyarakat menengah. Karena, segmen Ayla merupakan konsumen middle class," ujar Ibnu, Branch Manager Daihatsu Jambi kepada Tribun Jambi (Tribunnews.com Network), Senin (17/6/2013).

Setelah pemberitaan tentang akan hadirnya mobil Alya, lanjutnya, jumlah konsumen yang inden kian bertambah. Namun, itu terkendala kepastian kapan hadirnya Alya di Jambi.

Ketika kabar Ayla akan keluar pertama kali tahun lalu, dan kemudian terkendala aturan pemerintah, membuat sekitar 20 persen konsumen membatalkan inden dan beralih ke Daihatsu Sirion.

Namun, papar Ibnu, mobil Alya yang akan hadir, akan menyedot perhatian masyarakat, karena diperkirakan harga mobil Alya berkisar antara Rp 80 juta sampai Rp 100 jutaan.

Ibnu memerkirakan, masyarakat yang umumnya memilih sepeda motor sebagai mobilitas, akan beralih menggunakan mobil. Karena, diperkirakan cicilan untuk Ayla sekitar Rp 1 juta per bulan.

"Bisa dikatakan, segmen PNS atau masyarakat dengan ekonomi sedang, lebih beralih memilih mobil dibandingkan sepeda motor untuk mobilitas mereka. Bisa dikatakan juga, dari segi cicilan pun hanya dua kali lipat dari cicilan sepeda motor per bulan," bebernya.

Selain itu, pertumbuhan penjualan mobil dengan tipe city car di Jambi, menurut Ibnu selalu bertambah. Terhitung, peningkatan penjualan mobil city car pada April dan Mei, meningkat sebesar dua persen.
Pada April 2012, peningkatan penjualan sekitar 4 persen dari 900 jenis mobil yang dilepas di pasaran, sedangkan pada Mei meningkat menjadi 6 persen dari 600 mobil.

"Memang, dari segi market, pada April dan Mei berkurang untuk pasar otomotif di Jambi, yaitu dari 900 pada April, turun menjadi 600 pada Mei. Namun, sisi baiknya, peningkatan bertambah untuk penjualan mobil dengan tipe city car. Sehingga, dengan hadirnya Ayla, kami optimistis semakin meningkat pula pengguna mobil city car," urainya.

Sayang, Ibnu masih belum membeberkan konsumen yang sudah meng-inden Alya. Ayla yang akan meramaikan pasar otomotif, tersedia dengan empat macam tipe yang memiliki spesifikasi berbeda pula.

"Mobil Ayla hadir dengan empat tipe varian. Serta tersedia dengan enam varian warna," ungkapnya.

Ibnu menjelaskan, penjualan mobil-mobil keluaran Daihatsu, saat ini masih dipegang Xenia dan pikap. Xenia yang memiliki desain mobil keluarga serta harga ekonomis, masih menjadi sasaran masyarakat Jambi. (*)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribun Jambi

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas