Indonesia Jadi Satu-satunya Basis Produksi Yamaha XMAX untuk Pasar Global

"Khusus global model, sejak 2014 untuk pasar seluruh dunia, YIMM jadi satu satunya basis produksi."

Indonesia Jadi Satu-satunya Basis Produksi Yamaha XMAX untuk Pasar Global
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Seremoni ekspor perdana Yamaha XMAX 300 cc untuk pasar Eropa di pabrik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (18/4/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Prinsipal Yamaha di Jepang, Yamaha Motor Corporation Jepang, menetapkan Indonesia sebagai negara satu-satunya negara yang menjadi basis produksi untuk model skutik premium Yamaha XMAX 300 cc untuk pasar global.

Yamaha XMAX 300 cc untuk pasar global ini diproduksi di pabrik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, Jakarta Timur. 

"Khusus global model, sejak 2014 untuk pasar seluruh dunia, YIMM jadi satu satunya basis produksi," kata Dyonisius Beti, Vice President Director PT YIMM di sela acara peresmian ekspor Yamaha XMAX 300 cc ke pasar Eropa oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian RI, I Gusti Putu Suryawirawan, Selasa (18/4/2017).

Yamaha XMAX 300 cc
Yamaha XMAX 300 cc

Dyonisius menjelaskan, produksi motor global product Yamaha sudah dimulai sejak 2014 lewat produksi motor sport Yamaha R25, R3 lalu NMAX dan XMAX. "Ekspor kita lakukan ke 40 negara," ungkapnya.

"XMAX yang saat ini diproduksi di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai basis terbesar di dunia untuk produk ekspor Yamaha saat ini," imbuh Dyonisius Beti.

Acara seremoni ekspor Yamaha XMAX 300 cc ke Eropa dilakukan di Kantor Pusat PT YIMM dihadiri jajaran Board of Director dan manajemen Yamaha.

Selain mengundang Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, diundang pula pejabat dari Bea dan Cukai.

M Abidin, Manajer After Sales PT YIMM mengatakan, ekspor XMAX 300cc ke pasar Eropa akan dilakukan mulai bulan April 2017 ini.

Baca: Yamaha XMAX 300 CC yang Diekspor ke Eropa Berstandar Euro 4, Apa Saja Fitur Canggihnya?

Negara tujuan ekspor meliputi  Italia, Prancis, dan Inggris. Kemudian, Taiwan, China, Jepang, Turki, dan Australia.

Abidin menjelaskan, PT YIMM telah mengambil peranan penting bagi Yamaha Motor Corporation Jepang selama 20 tahun sebagai global factory untuk semua line up sepeda motor Yamaha untuk pasar dunia, yang membutuhkan terpenuhinya Global Standard Quality Control Yamaha dengan upaya besar.

Lampu belakang Yamaha XMAX 300 cc
Lampu belakang Yamaha XMAX 300 cc berteknologi full LED.

Yamaha Indonesia saat ini menjadi produsen sepeda motor terbesar di Indonesia dalam hal volume ekspor dengan membukukan volume ekspor kumulatif lebih dari 1 juta unit sejak tahun 1997.

Tahun 2016 lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dianugerahi penghargaan sebagai perusahaan yang mendapatkan penghargaan sebagai Exportir Terbaik dalam KPU (Kantor Pelayanan Umum) Bea dan Cukai Award Tipe A Tanjung Priok.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help