Advertorial

Ingat! Cek Dua Hal Ini Sebelum Berpergian Saat Libur Lebaran

Menjelang liburan lebaran dan musim mudik, volume kendaraan yang ada dijalan semakin bertambah. Bagi pengguna sepada motor, keadaan seperti ini harus

Ingat! Cek Dua Hal Ini Sebelum Berpergian Saat Libur Lebaran - yamaha1_20170619_155528.jpg
Ingat! Cek Dua Hal Ini Sebelum Berpergian Saat Libur Lebaran - yamaha2_20170619_155331.jpg

TRIBUNNEWS.COM – Menjelang liburan lebaran dan musim mudik, volume kendaraan yang ada dijalan semakin bertambah. Bagi pengguna sepada motor, keadaan seperti ini harus membuat kita lebih berhati-hati dari biasanya.

Sebelum berkendara, gunakanlah perlengkapan keamanan berkendara seperti memakai helm, jaket, dan sepatu yang sesuai untuk berkendara.

Paling penting lagi, periksa juga kondisi ban dan rem sepeda motor sebelum berkendara.

Periksalah tekanan angin ban dan alurnya. Tekanan angin ban yang tidak sesuai standar yang ditentukan dapat membuat kita kurang nyaman bahkan membuat motor kehilangan kendali.

Pastikan juga tekanan angin ban baik saat berkendara sendiri ataupun berboncengan. Biasanya, angin ban depan berkisar 29 psi dan ban belakang berkisar 33 psi.

Kita juga wajib untuk mengecek alur ban. Ini berguna supaya kita bisa melihat indikator keausan ban dari tanda segitiga di sisi luar ban.

Jika keausan ban melebih batas alias sudah tipis, sebaiknya segera ganti ban, karena daya cengkraman ban terhadap aspal sudah menurun sehingga sangat berbahaya sekali jika digunakan di jalan.

Selain itu, periksa juga permukaan ban dari goresan sayatan dan paku yang menancap, supaya kita tidak terganggu selama perjalanan.

Setelah ban, periksalah kondisi rem motor kita. Tidak jarang kecelakaan motor bisa terjadi akibat fungsi rem yang tidak maksimal.

Peranti rem mulai dari handle, pedal, hingga rem itu sendiri harus diperiksa. Pastikan semua komponen mekanis dan hidrolis berfungsi secara baik.

Jika perlu, gantilah minyak rem dan kampas motor kita sebelum dipakai berkendara saat liburan Lebaran.

Tak hanya itu, ada baiknya, cek juga apakah motor kita memiliki sistem ABS atau tidak. Sistem ABS (Anti-lock Brake System) adalah fitur keselamatan yang membuat rem tidak terkunci saat melakukan rem mendadak.

Pada kondisi jalan yang basah dan kering, rem ABS bisa menghentikan motor tanpa slip, sehingga kemungkin kita untuk tergelincir sangatlah kecil.

Kehebatan sistem ABS ini banyak diaplikasi pada sepeda motor. Salah satunya AEROX 155VVA.

AEROX 155VVA dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System). Sistem ABS ini membuat kita yang mengendari motor ini semakin terbantu, karena bisa memaksimalkan kontrol pengereman.

Selain itu, khusus AEROX 155VVA – R Version, terdapat cakram depan model “Wave-Type Disc Brake” ukuran 230mm ditambah suspensi belakang sub-tanks type rear suspension berwarna emas, yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil.

Dengan begitu berkendara semakin aman, dan kita pun tak perlu ketakutan serta khawatir akan terjadi kecelakaan yang menimpa diri kita.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help