Januari-Juni 2017, Toyota Avanza Masih Nomor 1 Buruan Konsumen Toyota

“Kami yakin pasar otomotif roda empat di semester dua akan lebih baik, terlebih Agustus nanti akan ada pameran otomotif berkelas international."

Januari-Juni 2017, Toyota Avanza Masih Nomor 1 Buruan Konsumen Toyota
AUTO2000
Aktivitas service kendaraan Toyota di bengkel Auto2000. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Toyota Avanza terbukti masih menjadi buruan paling tinggi konsumen Toyota ketika mereka berniat membeli mobil baru.

Setidaknya hal itu tercermin dari data terbaru penjualan mobil-mobil Toyota di jaringan dealer Auto2000 yang selama ini menjadi dealer terbesar mobil Toyota.

Selama semester I (Januari-Juni) 2017, total penjualan Auto2000 mencapai sekitar 80 ribu unit atau 43 persen dari total mobil Toyota yang terjual di Indonesia di periode tersebut.

Dari angka itu, Toyota Avanza masih menjadi favorit konsumen empat dengan membukukan penjualan tertinggi, mencapai sekitar 24 ribu unit atau 30,3 persen dari total penjualan.

Berikutnya, Toyota Calya menjadi kontributor kedua di Auto2000 dengan penjualan lebih dari 15ribu unit atau 19,5 persen dari total penjualan. Lalu, Toyota Kijang Innova sebagai kontributor terbesar ketiga dengan penjualan sekitar 12ribu unit atau 14,9 persen dari total penjualan.

Berdasarkan data pasar market di jaringan Auto2000, pasar otomotif roda empat selama Januari hingga Mei 2017 turun sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu diperiode yang sama.

Meski begitu, market share Toyota masih tetap memimpin di angka 38,2% atau meningkat 1% di periode yang sama.

“Kami akui market penjualan tahun ini lebih menantang dibandingkan dengan tahun lalu. Namun fokus utama kami bukan hanya penjualan saja tetapi pelayanan maksimal dengan memberikan kemudahan bagi pelanggan kami. Sebagai bentuk nyata, di bulan ini kami sudah resmikan tiga cabang lagi untuk mempermudah pelanggan kami,” ujar Agus Prajitno, CEO Auto200.

Chief Marketing Auto2000 Martogi Siahaan menyatakan, pihaknya tetap optimis menatap peluang pasar di semester II tahun 2017 ini. Dia yakin, pasar otomotif roda empat akan lebih baik dibandingkan dengan semester satu.

“Kami yakin pasar otomotif roda empat di semester dua akan lebih baik, terlebih Agustus nanti akan ada pameran otomotif berkelas international. Pasar memang sedang tidak stabil, namun yang pasti kami akan tetap menunjukkan komitmen kami yaitu dengan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan kami,” ujarnya, Senin (31/7/2017).

Martogi juga menyatakan, untuk memberikan kepuasan dan pengalaman terbaik bagi konsumen Toyota agar tak berpaling ke merek lain adalah melalui pengembangan layanan purna jual.

"Karena layanan purna jual juga menjadi faktor penentu dalam pengambilan keputusan pembelian kendaraan," ungkapnya.

Karena itu, tiga cabang dealer Auto2000 yang baru saja dibuka di Lampung dan Tangerang pekan lalu sudah dilengkapi fasilitas bengkel General Repair (GR).

Dua cabang diantaranya memiliki bengkel Bodi dan Cat (BP), yaitu Auto2000 Pasar Kamis, Tangerang juga Auto2000 Way Halim, Lampung.

"Kami di Auto2000 juga sudah mengembangkan THS Mobile untuk melengkapi layanan purna jualnya. Melalui layanan ini, pelanggan akan semakin mudah karena tidak harus pergi ke bengkel untuk merawat kendaraannya," kata Martogi Siahaan.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved