Skuter Listrik GESITS Akan Dirakit di Pabrik WIKA di Cileungsi, Bogor

GESITS diciptakan sebagai kendaraan roda dua berpenggerak listrik yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Skuter Listrik GESITS Akan Dirakit di Pabrik WIKA di Cileungsi, Bogor
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Skuter Gesits 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT WIKA Industri dan Konstruksi, bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), serta PT GESITS Technologies Indo (GTI), salah satu dari perusahaan Garansindo Group, siap memproduksi sepeda motor listrik GESITS di Indonesia.

Komitmen memproduksi motor bebas bebas emisi gas buang ini dijalani ketiga pihak melalui penandatanganan perjanjian kerjasama produksi, Jumat (18/8/2017) kemarin di kawasan industri Wijaya Karya (WIKA) di bilangan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. 

Lalu dimana GESITS akan diproduksi?

Pabrik perakitan GESITS sendiri akan menempati salah satu bagunan di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) yang memiliki luas total areal 30 hektar di Cileungsi, Bogor.

Dalam tahap awal pabrik akan menggunakan salah satu bangunan seluas 2.400 meter persegi sebagai fasilitas penerimaan komponen, perakitan kendaraan, dan pengujian akhir. GESITS yang telah dirakit disiapkan fasilitas gudang penyimpanan sementara seluas 1.400 meter persegi.

Dalam tahap awal, PT WIKA Industri dan Konstruksi mampu memproduksi 50.000 unit GESITS per tahun.

Ke depan kapasitas produksi akan dikembangkan hingga mampu mencapai produksi 100.000 unit per tahun. Poduksi GESITS sendiri direncanakan di mulai tahun depan.

"Proyek GESITS adalah salah satu bagian dari tanggung jawab dan misi Garansindo sebagai perusahaan swasta nasional yang dimiliki bangsa Indonesia," kata Muhammad Al Abdullah, pimpinan Garansindo Group, perusahaan swasta nasional yang berperan penting dalam membidani GESITS.

Al menambahkan, sejak awal pihaknya tidak ingin GESITS hanya sebatas konsep.

"Sudah saatnya Indonesia menunjukkan kemampuan dan kemandirian dalam rancang bangun teknologi kendaraan, khususnya kendaraan roda dua yang saat ini menjadi tulang punggung sarana penggerak ekonomi sebagian besar rakyat Indonesia," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved