Canggih! Ternyata Begini Cara Kerja Airbag Saat Tabrakan

Namun, tahukah Anda jika kantong udara (airbag) juga berfungsi sebagai fitur keselamatan tambahan, yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang?

Canggih! Ternyata Begini Cara Kerja Airbag Saat Tabrakan
NBC News

TRIBUNNEWS.COM – Memperhatikan keselamatan selama berkendara tentu menjadi sebuah kewajiban bagi Anda, pengendara mobil.

Seatbelt atau sabuk keselamatan merupakan fitur standar yang harus ada di semua mobil. Namun, tahukah Anda jika kantong udara (airbag) juga berfungsi sebagai fitur keselamatan tambahan, yang dapat melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan keras?

Hal ini disebabkan ketika meletup dan mengembang, kantong ini akan melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada.

Penasaran dengan cara kerjanya? Yuk, lihat penjelasannya di bawah ini!  

Umumnya, kantong udara muncul dari roda kemudi atau dashboard mobil. Kantong udara ini tidak akan menghalangi pernapasan penumpang karena material yang digunakan berupa nilon tipis dengan lubang-lubang kecil.

Ketika tabrakan terjadi, sensor mobil yang ditempatkan di bagian depan langsung mengirimkan sinyal dan membuat kawat menjadi panas. Pemanasan ini menghasilkan sejumlah gas nitrogen yang mengisi airbag dan membuat kantong mengembang.

Setelah kepala pengemudi membentur airbag, nitrogen lantas keluar dan secara perlahan membuat kantong udara mengempis.

Gas nitrogen yang dilepaskan dari airbag juga bukan merupakan gas berbahaya. Nitrogen adalah gas yang menyumbang 78 persen komposisi udara yang kita hirup setiap harinya. 

Begitulah sistem kerja kantong udara di mobil saat melindungi Anda dari benturan keras.

Jika berencana untuk membeli mobil, pastikan Anda memilih mobil yang dilengkapi dengan kantong udara untuk pengemudi sekaligus penumpang. Seperti Toyota Calya, misalnya.

calya
Desain elegan dan modern Toyota Calya.

Mobil yang dibanderol kurang dari 200 juta ini, merupakan kendaraan sempurna bagi konsumen di entry segment yang mengutamakan fitur keselamatan, yang menjadikan kendaraan ini menjadi kendaraan dengan fitur keselamatan yang lengkap di kelasnya.

Bagaimana tidak? Calya menyediakan kantong udara dengan tipe Dual SRS Airbag bagi pengemudi dan penumpang depan sehingga dapat memperkecil risiko cedera.

Tak hanya itu, penumpang belakang pun tetap bisa merasa keamanan dan kenyamanan maksimal dengan 3-point seatbelt yang kuat menahan si pemakai saat terjadi tabrakan.

Urusan bodi, Calya dirancang khusus dengan struktur yang kuat karena disempurnakan dengan GOA Body sehingga memberikan perlindungan ekstra pada penumpang.

Performa dan keamanan mobil Toyota ini memang tidak perlu lagi diragukan. Meski berada di segmen new entry MPV dengan harga yang relatif terjangkau, secara keseluruhan Toyota Calya jauh di atas rata-rata mobil di kelasnya.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help