City Car yang Paling Banyak Dibeli Konsumen Indonesia

Merek yang ikut bermain di kelas ini juga cukup banyak, mulai Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Nissan, hingga Suzuki.

City Car yang Paling Banyak Dibeli Konsumen Indonesia
HANDOUT
City car Hyundai Grand i10 di ajang Pameran Otomotif Surabaya (POS) 2017 di Grand City Surabaya, 1 – 5 November 2017. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persaingan disegmen city car alias mobil kota di pasar otomotif nasional sepanjang 2017, cukup menarik.

Merek yang ikut bermain di kelas ini juga cukup banyak, mulai Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Nissan, hingga Suzuki.

Bahkan, merek asal Korea Selatan seperti Hyundai dan Kia pun ikut mencari peruntungan disegmen mobil kota ini. Lantas, siapakan model terlaris sepanjang 2017 ini?

Berdasarkan data wholesales (pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) periode Januari-November 2017, Suzuki Ignis menjadi model terlaris.

Baca: Pejalan Kaki Kesal Lihat PKL Masih Berjualan di Trotoar Tanah Abang

Pendatang baru di kelas mobil kota ini telah terjual 11.885 unit selama 11 bulan di tahun ini. Tren penjualan per bulannya juga selalu meningkat, sejak pertama dijual Maret 2017.

Terlaris kedua dipegang Honda Brio dengan total penjualan 9.998 unit. Hasil tersebut meningkat dari periode yang sama di tahun lalu 9.205 unit.

Nissan March menjadi model terlaris ketiga dengan penjualan mencapai 2.272 unit. Pencapaian itu juga meningkat dibandingkan tahun lalu 1.973 unit.

Urutan keempat dihuni Daihatsu Sirion dengan total penjualan 1.685 unit. Pencapaian itu menurun dibandingkan tahun lalu 2.950 unit.

Selanjutnya posisi kelima ada Mitsubishi Mirage dengan penjualan 1.604 unit. Hasil tersebut juga menurun dari tahun lalu sekitar 2.833 unit.

Model yang mengalami penurunan cukup tajam, yaitu Toyota Etios. Tahun lalu periode Januari-November terjual 3.349 unit, tahun ini hanya 665 unit.

Terakhir duo Korea Selatan, yaitu Hyundai i10 terjual hanya 118 unit, dan Kia Picanto 111 unit. Tren penjualan kedua model itu juga menurun dibandingkan tahun lalu.

Hyundai i10 tahun lalu terjual 122 unit, sedangkan Picanto 276 unit.

Berita ini sudah tayang di kompas.com berjudul Mobil Kota Paling Laris Sepanjang Tahun Ini

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help