Modifikasi Motor

Seperti Cari Pacar, Pilih Ban Tak Boleh Asal! Ini Jenis-Jenis yang Harus Diketahui

Memilih ban, terutama bagi penggila motor modifikasi merupakan hal yang paling penting sebab sangat menentukan kenyaman ketika berkendara di jalanan.

BizzInsight
Seperti Cari Pacar, Pilih Ban Tak Boleh Asal! Ini Jenis-Jenis yang Harus Diketahui
Ilustrasi ban motor modifikasi 

TRIBUNNEWS.COM – Memilih ban, terutama bagi penggila motor modifikasi merupakan hal yang paling penting sebab sangat menentukan kenyaman ketika berkendara di jalanan.

Berfungsi sebagai peredam getaran dan meningkatkan traksi saat di jalan, ban tak boleh dipilih secara asal dan haruslah dilihat dari tujuannya sehingga bisa bekerja dan berfungsi secara optimal.

Agar tak salah ketika membeli, berikut beberapa jenis ban yang bisa jadi pilihan:

Ban Touring

Cocok digunakan untuk touring atau bepergian jarak jauh membuat ban jenis ini memiliki karakter ban keras dan tahan lama. Sesuai peruntukannya ban Touring akan mengutamakan keawetan dengan daya cengkram yang cukup baik pada medan jalan dingin ataupun panas.

Ban Sport Touring

Sama-sama ban touring, perbedaannya, ban sport touring berfungsi sangat baik jika digunakan kala touring pada trek lurus.  Walaupun memiliki ketahanan yang kuat dan keras, nyatanya ban ini masih memiliki kelemahan.

Contohnya saja, pada saat tikungan, perfoma ban bisa dibilang tidak sebaik bila dibandingkan dengan menggunakan ban berjenis sport.

Ban Dry Racing

Khusus digunakan para pembalap, ban jenis ini sangat baik digunakan dalam sirkuit kering sebab memiliki pola segitiga yang memaksimalkan daya cengkeram ketika menikung, ban jenis ini berbahan karet lembut, sehingga memiliki daya cengkram yang baik.

Namun sayangnya, ban ini tidaklah cocok digunakan pada jalanan umum sebab cepat kehilangan daya cengkram akibat daya tahan terhadap gesekan yang lebih rendah bila dibandingkan jenis ban lainnya.

Ban Wet Racing

Khusus digunakan pada sirkut basah, ban yang memiliki struktur halus ini sangat cocok digunakan ketika hujan karena mampu menapak secara sempurna walaupun digunakan saat kecepatan penuh. Namun sayangnya, jenis ban ini tidak cocok jika digunakan sehari-hari.

Ban Offroad

Mungkin sebagian besar orang sudah tahu jika ban ini khusus digunakan para penggemar motor cross ketika menerjang jalanan ekstrem yang berlumpur dan berbatu. Oleh sebab itulah, ban offroad memiliki desain tonjolan yang dalam sehingga mampu melewati jalanan bermedan berat.

Namun sayang, berkat bentuknya tersebut, ban offroad sangatlah tidak cocok digunakan di jalan raya  sebab cenderung tidak stabil di jalanan mulus.

Ban Dual Purpose

Corsa Platinum Cross S

Menyiasati bagi para pengendara yang gemar menikmati jalanan bervariasi seperti jalanan tanah, kerikil, pasir, berbatu hingga jalanan aspal yang mulus, ban dual purpose hadir memenuhi hasrat tersebut.

Berdesain sporty block pattern, ban jenis ini mampu tampil agresif dan maksimal pada semua jenis permukaan jalan, baik kering maupun basah. Berkat desain telapak yang dimilikinya, alur ban pun dibuat lebih dalam sehingga membuat usia pakai lebih lama dan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Jika tertarik pada jenis ban ini, di pasaran sendiri, kini banyak tersedia ban dual purpose yang bisa dipilih. Satu diantaranya adalah Corsa Platinum Cross S.

Corsa Platinum Cross S bisa menjadi pilihan yang tepat sebab memiliki desain sporty block pattern dan deep groove berteknologi hybrid compound terbaru, yakni campuran carbon black dan silica sehingga menambah daya tahan dan jarak tempuh ban tanpa mengurangi daya cengkram yang dimilikinya.

Ban Corsa ini pun juga memiliki rim guard sehingga mampu melindungi velg dari benturan saat berkendara. 

Tak hanya itu saja, banyak lagi kelebihan lain yang dimiliki oleh ban dual purpose bisa dilihat pada situs ini.

Penulis: Firda Fitri Yanda

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help