Pengemudi Bus Peserta Safety Driving Jasa Marga yang Lolos Tes Dapat Sertifikat dari IDDC

Pengemudi bus diajak selalu bisa mengontrol emosi selama duduk di belakang kemudi, sekaligus tetap bisa mengusai kendaraan dalam kondisi apapun

Pengemudi Bus Peserta Safety Driving Jasa Marga yang Lolos Tes Dapat Sertifikat dari IDDC
IST
Workshop safety driving khusus untuk pengemudi bus yang digelar Jasa Marga di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (15/5/2018). Workshop diikuti 40 pengemudi bus anggota IPOMI dan pengemudi bus program "Mudik Bareng BUMN 2018" dengan materi workshop dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Megantisipasi  arus mudik dan balik Idul Fitri 1439 H tahun ini, Jasa Marga menggelar pelatihan dan pembekalan bagi pengemudi bus melalui workshop bertajuk ”Safety Driving for Bus Driver” di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (15/5/2018).

Pelatihan tersebut dikhususkan bagi pengemudi bus, karena bus merupakan salah satu transportasi yang banyak digunakan masyarakat untuk mudik dan balik selama Lebaran yang jatuh pada bulan Juni 2018 ini.

Melalui pelatihan dan pembekalan ini, Jasa Marga berupaya membantu Pemerintah menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan sekaligus meningkatkan kualitas keselamatan lalu lintas.

Melalui workshop ini pula, Jasa Marga ingin membangun budaya tertib berlalu lintas bagi seluruh pengguna kendaraan bermotor, khususnya bagi moda transportasi bus.

Materi workshop yang digelar sehari penuh dan diikuti 40 pengemudi bus anggota Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) dan 10 pengemudi bus Program "Mudik Bareng BUMN 2018" ini ditekankan pada upaya pemahaman kepada para pengemudi bus agar selalu waspada dan bersikap tenang ketika mengemudikan kendaraannya.

Pengemudi bus diajak selalu bisa mengontrol emosi selama duduk di belakang kemudi, sekaligus tetap bisa mengusai kendaraan dalam kondisi jalan yang seperti apapun.

Pelatihan ini juga memberikan pembekalan kepada pengemudi tentang persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum menjalankan bus, termasuk pemeriksaan kondisi fisik kendaraan seperti mesin, ban dan rem, serta teknik menjalankan bus yang tepat saat bus menghadapi kondisi darurat di jalan.

Tujuan akhirnya, untuk menekan potensi celaka saat bus dioperasikan.

Workshop safety driving khusus untuk pengemudi bus yang digelar Jasa Marga di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (15/5/2018). Workshop diikuti 40 pengemudi bus anggota IPOMI dan pengemudi bus program
Workshop safety driving khusus untuk pengemudi bus yang digelar Jasa Marga di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (15/5/2018). Workshop diikuti 40 pengemudi bus anggota IPOMI dan pengemudi bus program "Mudik Bareng BUMN 2018" dengan materi workshop dari Indonesia Defensive Driving Center (IDDC). (TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN)

Semua materi pelatihan ini diberikan oleh tim yang dipimpin oleh Bintarto Agung, dari  Indonesia Defensive Driving Center (IDDC), sebuah lembaga pelatihan safety driving yang selama ini berpartner dengan Safe Drive Training (Australia) Pty, Ltd. dan DriveTech UK.

Selain sesi teori, disediakan pula sesi praktik mengemudikan bus secara benar dengan memanfaatkan area parkir di Buperta Cibubur.

Halaman
123
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help