Mudik Lebaran 2018

Tips Mengemudi Hemat BBM Saat Mudik

Ternyata, memilih BBM dengan harga murah tak selamanya efektif untuk menekan ongkos.

Tips Mengemudi Hemat BBM Saat Mudik
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas membantu kendaraan pemudik yang tidak kuat melaju di tanjakan Kali Kenteng, ruas tol fungsional, Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Pengelola tol setempat menyiagakan enam petugas khusus pengganjal ban untuk antisipasi bila ada kendaraan pemudik yang tidak kuat melaju di tanjakan serta meminimalisir potensi kecelakaan lalu lintas di titik tersebut. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Reporter Kontan, Herlina KD

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mudik menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi pilihan bagi sebagian besar pemudik untuk pulang kampung.

Selain untuk mendukung mobilitas saat di kampung halaman, kendaraan pribadi kerap dipilih para pemudik untuk menekan biaya transportasi.

Bahkan, demi ongkos yang lebih irit, pemudik kerap memilih bahan bakar minyak (BBM) jenis premium yang berkadar oktan (RON) rendah yakni RON88.

Tapi, ternyata, memilih BBM dengan harga murah tak selamanya efektif untuk menekan ongkos.

Sebab, BBM berkadar oktan rendah ini berpotensi membuat para pemudik merogoh kocek lebih dalam.

Pakar otomotif Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri mengatakan, pemilihan BBM berkadar oktan rendah untuk perjalanan mudik justru berisiko tinggi yang bisa berdampak pada pengeluaran yang lebih rendah.

Baca: Shandy Aulia Jualan Ayam Geprek SAy, Paket Waralabanya Mulai dari Rp 20 Juta

Sebab, "Premium membuat konsumsi BBM boros. Selain itu, dampak terburuknya bisa mengakibatkan turun mesin yang biayanya sangat mahal," ujarnya dalam keterangan resmi Selasa (12/6/2018).

Apalagi, premium sudah tak cocok lagi bagi kendaraan bermotor keluaran baru.

Sebab, sejak tahun 2003, industri otomotif sudah menerapkan teknologi emisi yang lebih tinggi, sehiggga spesifikasi mesin meningkat dan hanya diperuntukkan bagi BBM dengan RON92 ke atas.

Baca: Ini Dia Beragam Fasilitas yang Hadir di Kereta Sleeper

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help