Auto2000 Kini Sediakan Fasilitas Uji Emisi Kendaraan

Ricky menyatakan, untuk uji emisi oleh bengkel Auto2000 ini tidak dipungut biaya sepanjang dilakukan bersamaan dengan servis berkala.

Auto2000 Kini Sediakan Fasilitas Uji Emisi Kendaraan
HANDOUT
Contoh data hasil uji emisi di bengkel Auto2000. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Mulai bulan September 2018, seluruh model mobil baru berbahan bakar bensin yang dijual di Indonesia hartus sudah lulus standar uji emisi Euro 4, menyusul kemudian untuk mobil berbahan bakar solar mulai 2021.

Mengantisipasi hal tersebut, jaringan dealer resmi mobil Toyota, Auto2000, menyediakan fasilitas uji emisi gas buang di seluruh jaringan bengkel resminya untuk para pemilik mobil Toyota untuk melakukan uji emisi.

Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000, dalam keterangan persnya kepada Tribunnew, Selasa (28/8/2018) menyatakan, fasilitas tersebut juga didukung sumber daya manusia yang kompeten untuk melaksanakan uji emisi gas buang dengan hasil pengujian yang dapat dipertanggungjawabkan.

Ricky menyatakan, mobil Toyota yang lulus uji emisi diharapkan dapat menyumbangkan peran dalam menurunkan kadar pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor.

Sedangkan untuk mobil Toyota yang belum lulus uji emisi akan dilakukan pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut sehingga dapat mendeteksi lebih dini risiko kerusakan atau malfungsi pada mesin sehingga bisa lulus uji emisi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Baca: Vespa Kenalkan Primavera Yacht Club Versi 150 CC, Harga Jualnya Rp 42 Juta

Ricky menyatakan, untuk uji emisi oleh bengkel Auto2000 ini tidak dipungut biaya sepanjang dilakukan bersamaan dengan servis berkala.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, pihaknya mengadakan pelatihan yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta untuk melatih teknisi bengkel Auto2000 dalam memasukkan data hasil uji emisi kendaraan ke laman website yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup.

Baca: Mercedes-Benz Segera Luncurkan Bus Baru untuk Pasar Indonesia

Data hasil uji emisi gas buang tersebut dapat diakses oleh pemilik mobil Toyota atau masyarakat lewat aplikasi E Uji Emisi yang bisa diunduh di smartphone Android.

Hasil uji emisi yang tertera pada aplikasi dapat dicetak dan terdapat barcode, sehingga barcode tersebut dapat di-scan untuk keperluan administrasi kendaraan, seperti  syarat perpanjangan STNK.

“Fasilitas uji emisi lengkap dan modern serta teknisi andal yang kompeten dalam melaksanakan tugasnya merupakan bukti keseriusan Auto2000 untuk mendukung program pemerintah dalam menerapkan standar uji emisi kendaraan bermotor Euro4," ungkap Ricky Martawijaya.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help