Gaikindo Klaim Semua APM Siap Gunakan Biodiesel B20

Meski demikian, Jongkie mengatakan, soal kompatibilitas mesin-mesin terhadap implementasi B20, itu urusan masing-masing APM.

Gaikindo Klaim Semua APM Siap Gunakan Biodiesel B20
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Kasubdit Pelayanan dan Pengawasan Usaha Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Edi Wibowo (kiri) memperlihatkan bahan bakar biodiesel pada acara Sosialisasi Pemanfaatan Biodiesel 20 persen (B20) di PT Pertamina Cabang Bandung, Jalan Wirayudha, Kota Bandung, Kamis (4/2/2016). 

Laporan Reporter Kontan, Anggar Septiadi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) siap menjalani krbijakan implementasi kebijakan Biodiesel 20 (B20). Hingga saat ini, Gaikindo mengaku belum menerima keluhan dari anggotanya terkait pelaksanaan teknis.

"Kita kan sudah sampaikan pada pembukaan GIIAS kemarin, bahwa kami sudah deklarasikan bahwa industri otomotif nasional siap implementasi B20," kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (30/8/2018).

Para Agen Pemegang Merek (APM), yang merupakan anggota Gaikindo disebutkan Jongkie juga telah menyatakan kesiapannya kepada Gaikindo.

Baca: Bawaslu: Tidak Ditemukan Pelanggaran Mahar Politik oleh Sandiaga Uno

Meski demikian, Jongkie mengatakan, soal kompatibilitas mesin-mesin terhadap implementasi B20, itu urusan masing-masing APM.

"Kalau soal teknis itu ada di APM, apakah ada modifikasi atau penyetelan ulang, karena tiap merek akan berbeda. Tapi mereka sudah menyatakan siap, aman artinya," lanjutnya.

Sejauh ini pun, kata Jongkie para anggotanya belum mengeluhkan implementasi B20. Asal tahu, besok (1/9/2018), implementasi B20 sendiri akan dimulai.

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved