3 Oktober Asosiasi Manufaktur Mobil Jepang Gelar Tokyo Motor Festival, Saingan Tokyo Motor Show?

Tokyo Motor Show (TMS) sudah dimulai sejak tahun 1954 dan berlangsung setiap tahun hingga tahun 2005.

3 Oktober Asosiasi Manufaktur Mobil Jepang Gelar Tokyo Motor Festival, Saingan Tokyo Motor Show?
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Situs Asosiasi Manufaktur Mobil Jepang (JAMA) dengan ilustrasi pameran mobil. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tokyo Motor Show (TMS) sudah dimulai sejak tahun 1954 dan berlangsung setiap tahun hingga tahun 2005.

Penyelenggaraan Tokyo Motor Show tahun 2017 lalu adalah yang ke-45 kalinya.

Namun tahun ini muncul Tokyo Motor Festival (TMF) yang juga diikuti semua produsen mobil Jepang.

Apakah ajang ini akan menjadi saingan Tokyo Motor Show?

"Lepas dari saingan atau tidak, persaingan ketat kendaraan bermotor di dunia sangat cepat saat ini. Jarak dua tahun terasa menjadi sangat lama untuk memperkenalkan model baru. Sementara Tokyo Motor Show sudah diputuskan dilakukan setiap dua tahun sekali. mengisi kekosongan itu dibuatlah TMF oleh penyelenggara yang sama yaitu JAMA atau Asosiasi Manufaktur Mobil Jepang," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (6/9/2018).

TMS yang ke-46 akan diselenggarakan antara 26 Oktober hingga 3 November 2019.

Baca: Gempa Bumi 6,7 SR Hantam Iburi Hokkaido Jepang

Sedangkan Tokyo Motor Festival akan diselenggarakan mulai 6 Oktober 2018 hingga 8 Oktober 2018 di tempat Khusus Tokyo Waterfront City, Symbol Promenade Park, dan di situs MEGA WEB di Odaiba.

"Hal ini juga untuk menandai era tahun terakhir Heisei yang selesai 30 April 2019 mendatang dengan pergantian Kaisar Jepang. Tokyo Motor Festival 2018 akan menjadi acara yang hidup yang memungkinkan pengunjung dari segala usia untuk melihat "saat itu dan sekarang" dan menghargai pesona mobil serta sepeda motor ikonik era bersejarah ini," ungkap sumber itu.

Mobil penumpang, sepeda motor, dan kendaraan komersial (termasuk model lama dan terbaru) semuanya akan dipajang, dan peserta dalam festival akan dapat menikmati demonstrasi kendaraan dan uji coba wahana.

"Daftar acara tahun ini akan mencakup program untuk anak-anak dan tampilan kendaraan "itasha" yang eksteriornya menampilkan karakter anime, serta, untuk pertama kalinya, acara eSports," ujarnya.

Penyelenggara Tokyo Motor Festival berharap bahwa acara tersebut akan memenangkan penggemar mobil dan sepeda motor baru dan memicu kegembiraan yang meningkat dalam menyambut Tokyo Motor Show 2019, yang akan diadakan pada musim gugur tahun depan.

"Dengan demikian Tokyo Motor Festival maupun Tokyo Motor Show bukanlah persaingan tetapi malah saling mengisi dan memperbarui dengan cepat, sebagai solusi tidak kembali kepada kebijakan lama penyelenggaraan Tokyo Motor Show setiap tahun," tambahnya.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help