Hino Team Sugawara Siap Bawa Pulang Lagi Gelar Juara Dakar Rally 2019

Tim Hino Sugawara tercatat menjuarai kategori truk di bawah 10.000 cc selama sembilan tahun berturut-turut sejak 2010 sampai 2018 di ajang Dakar Rally

Hino Team Sugawara Siap Bawa Pulang Lagi Gelar Juara Dakar Rally 2019
HANDOUT
Hino Team Sugawara di Dakar Rally 2019 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim balap truk Hino Team Sugawara menyatakan siap kembali membawa pulang gelar juara di kompetisi reli terganas dunia, Dakar Rally 2019 yang resmi dimulai 7 januari 2019. Di reli yang akan berlangsung sampai dengan 17 Januari 2019 ini, para peserta akan diuji performa kendaraannya dengan mengambil lokasi di satu negara saja, yakni Peru dengan total jarak tempuh untuk kategori truk sejauh 5.598 km.

Di Dakar Rally 2019 ini sebanyak 70 persen balapan akan melintasi kawasan gurun.

Gurun Pisco di Peru menjadi special stage terberat yang pada penyelenggaraan Dakar Rally 2018 lalu banyak dari pembalap gagal melanjutkan lomba di lintasan ini.

Kali ini Hino Team Sugawara menurunkan dua tim dalam ajang Dakkar Rally 2019 dengan didukung truk Hino500 series yang di Indonesia dikenal sebagai truk medium duty laris dengan sebutan Hino New Generation Ranger.

Truk pertama Hino500 series di reli ini akan dikendalikan oleh duet ayah dan anak Yoshimasa Sugawara dan Teruhito Sugawara dengan nomor balapan 517 dengan Yoshimasa Sugawara sebagai pengemudi sekaligus menjadi pembalap tertua di ajang reli ini.

Baca: Samsung Kenalkan TV QLED 8K 98 Inci di CES 2019

Tahun ini, usia Yoshimasa Sugawara mencapai 77 tahun dan namanya sebagai pereli tertua di Dakar Rally tercatat dalam Guinness Book of World Record.

Sementara truk kedua akan dikemudikan oleh sang anak Teruhito Sugawara dengan nomor urut peserta 510.

Baca: Dugaan Suap Meikarta: Sebelum Bahas Revisi Perda Tata Ruang, DPRD Bekasi Dibiayai Pelesir ke LN

'The Little Monsters', julukan untuk truk Hino Dakar Rally dikembangkan dari mesin dan sasis Hino500 Series yang memiliki mobilitas yang sangat baik dan tenaga yang besar untuk bersaing di lintasan balap.

Dakar Rally 2019.
Hino Team Sugawara masih tetap menggunakan truk Hino500 Series untuk berlaga di Dakar Rally 2019.

Untuk mempertahankan posisi sebagai juara bertahan di kelas under 10 Litre yang telah diraih selama 9 tahun terakhir ini, truk kedua telah menjalani pengembangan, termasuk upgrade di mesinnya untuk memaksimalkan output mesin dari dari sebelumnya 700 PS menjadi 750 PS.

Bagian sasis di truk ini juga terus diperkuat dengan wheel base yang lebih panjang serta suspensi baru untuk kabin demi mengurangi getaran selama melaju di lintasan reli.

PT Hino Motors Sales Indonesia, agen pemegang merk truk dan bus Hino di Indonesia ikut menjadi sponsor tim Hino team Sugawara di reli ini dan masih menjadi satu–satunya tim asal Jepang yang berlaga di kategori truk.

Tim Hino Sugawara tercatat menjuarai kategori truk di bawah 10.000 cc selama sembilan tahun berturut-turut sejak 2010 sampai 2018 di ajang Dakar Rally.

Di tahun 1997, Hino Sugawara tampil sebagai juara umum kategori truk dan posisi dua dan tiga dan menjadi perusahaan truk asal Jepang yang pertama kali ikut Dakar Rally pada 1991.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved