Hanya Toyota Veloz 2019 Ada Roof Monitor, Kalau Tipe Lain Pasang Bisa?

Sebagai flagship, tentu ada fitur unggulan yang dimiliki Veloz 2019. Termasuk yang masih dipertahankan ialah roof monitor.

Hanya Toyota Veloz 2019 Ada Roof Monitor, Kalau Tipe Lain Pasang Bisa?
Instagram
Roof monitor tetap hadir di Veloz 2019 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Toyota Avanza dan Veloz 2019 dipastikan meluncur tanggal 15 Januari mendatang dengan sederet perubahan. 

Sebagai flagship, tentu ada fitur unggulan yang dimiliki Veloz 2019. Termasuk yang masih dipertahankan ialah roof monitor. 

Terlihat di bocoran kabin Veloz 2019 tipe 1.5 yang tetap mempertahankan monitor di plafon. Meski tayangannya paralel seperti yang keluar dari head unit.

Lantas bagaimana cara agar Avanza 2019 tipe lain bisa pasang roof monitor seperti ini? 

"Sebenarnya pemasangan monitor di plafon itu universal. Bisa dilakukan tapi yang perlu diperhaikan pada saat pemasangan kedudukannya harus rigid dan tidak mengganggu blower AC baris kedua" buka Edy Soesanto, instalatur Cartens Audio di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Selain hal tersebut, ada beberapa hal lain yang mesti diperhatikan. 

"Kita harus tahu basic tulang dahulu yang ada di plafon, lampu plafon, dan jalur AC belakang" kata Akiong, instalatur audio dari Kramat Motor, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca: Dipastikan Rilis Pekan Depan, Disebut-sebut Kabin New Avanza Dijanjikan Lebih Senyap

Jangan sampai jalur listrik dan AC terjepit atau bahkan putus akibat proses pengeboran. Lagi menurut Akiong, ada 2 cara pasang roof monitor baik sistem tanam dan sistem tempel. 

"Kalau ditanam itu plafon harus dibolongi sesuai dengan ukuran roof monitor, baru dipasang roof monitor-nya" kata Akiong. Beda halnya dengan sistem tempel karena bracket roof monitorlangsung dipasang di plafon. 

 "Sistem tanam akan membuat roof monitor terlihat lebih slim dan rapi, berbeda dengan tempel yang terlihat agak turun dan besar" lanjut Akiong. 

Hal penting lain dalam pemasangan roof monitor adalah koneksi kabel. Umumnya ada 3 kabel yang dipakai, power yaitu kabel ground, kabel plus ke baterai dan ACC, dan kabel input atau RCA dari head unit ke roof monitor. 

Untuk harga roof monitor model OEM itu sekitar Rp 4 jutaan belum termasuk instalasi. Sementara roof monitor aftermarket harganya berkisar dari Rp 2,5-5 jutaan.

Berita ini sudah tayang di gridoto berjudul Wah..Cuma Toyota Veloz 2019 Ada Roof Monitor, Tipe Lain Minat Pasang?

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Gridoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved