Jepang Jadikan Indonesia Basis Produksi Motor Kawasaki untuk Dunia

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) ditunjuk oleh prinsipal untuk menjadi basis produksi Ninja 125.

Jepang Jadikan Indonesia Basis Produksi Motor Kawasaki untuk Dunia
GridOto.com
Kawasaki luncurkan motor terbarunya di IMOS 2018 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) ditunjuk oleh prinsipal untuk menjadi basis produksi Ninja 125.

Bukan buat pasar domestik, melainkan dirakit guna memenuhi permintaaan global atau tepatnya diekspor ke negara-negara di Eropa.

Menurut Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division KMI Sucipto Wijono, prinsipal yang menentukan hal tersebut dan tentunya dengan berbagai pertimbangan.

Sucipto menjelaskan, salah satunya yakni setiap negara misal antara Indonesia dan Thailand punya karakter sendiri dalam memproduksi sepeda motor.

"Dasarnya kalau yang diproduksi di Thailand ini rata-rata 2 dan 4 silinder, sedangkan di Indonesia 1, dan 2 silinder. Jadi prinsipal pun tentunya memilirkan biaya produksi juga," ucap Sucipto saat berbincang dengan Kompas.com belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Baca: Ini Dia Harga Kawasaki W175 Cafe, Selisih Tipis dari Versi Sebelumnya

Sucipto melanjutkan, meskipun dipercaya untuk merakit motor sport tersebut bukan berarti juga bisa menjualnya di Indonesia.

Lagi pula arahan dari prinsipal Kawasaki di Jepang, hanya dirakit untuk memenuhi pasar motor di Eropa.

"Lagi pula Ninja di Indonesia sudah dikenal dengan motor sport berperforma, jadi kita tidak mungkin untuk menjual versi 125 di Indonesia. Meskipun permintaan tinggi, tetapi balik lagi hanya prinsipal yang bisa menentukan itu semua," ujar Sucipto. (Aditya Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertimbangan Kawasaki Tunjuk Indonesia Basis Produksi Ninja 125",

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved