Permintaan Mobil Listrik Model Terbaru Sepi, Tesla PHK Karyawan Lagi

Karyawan yang kena PHK bermarkas di Las Vegas dan memiliki tugas dalam pengiriman mobil bagi pembeli di Amerika Serikat dan Kanada.

Permintaan Mobil Listrik Model Terbaru Sepi, Tesla PHK Karyawan Lagi
DIGITAL TRENDS
Tesla Model 3S 

Laporan Reporter Kontan, Maizal Walfajri

TRIBUNNEWS.COM, SAN FRANCISCO -  Tesla Inc kembali melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) putaran kedua bagi pegawainya. Terdapat sekitar 150 karyawan telah diberhentikan dari sebuah tim yang terdiri dari 230 orang pada Januari lalu.

Mengutip Reuters pada Minggu (10/2) para pekerja yang terkena PHK lantaran sepi permintaan mobil model terbaru yang mahal. Sehingga perusahaan harus melakukan efisiensi.

Karyawan yang kena PHK bermarkas di Las Vegas dan memiliki tugas dalam pengiriman mobil bagi pembeli di Amerika Serikat dan Kanada.

Aksi PHK ini dapat memicu kekhawatiran investor bahwa permintaan Model 3S di AS telah berkurang. Padahal otoritas telah mengeluarkan kebijakan keringanan pajak yang besar untuk konsumen tahun lalu. Namun harga mobil yang terlalu mahal menjadi kendala bagi konsumen.

Tesla sendiri mengatakan akan memfokuskan bisnis untuk memasok mobil ke pasar Eropa dan CIna pada kuartal pertama 2019 ini. "Tidak ada cukup pengiriman, Tesla tidak perlu tim karena tidak banyak mobil yang dipesan," ujar salah satu karyawan yang terkena PHK.

Baca: Singgung Soal Video yang Ungkap Kampanye Settingan Capres, Sudjiwo Tedjo Samakan dengan Iklan Sampo

Pengiriman mobil model 3S merupakan prioritas perusahaan pada paruh kedua 2018. Hal ini, melihat peluang adanya manfaat penuh dari kredit US$ 7.500 sebelum dipotong pajak pada akhir 2018 lalu.

Bagi Tesla sendiri, model terbaru ini merupakan strategi penting dalam mendulang pendapatan jangka panjang. Harapannya, perusahaan dapat menuai lebih banyak lagi model 3S sambal terus efisiensi.

Tesla menolak untuk mengomentari pengurangan pekerjaan pada tim pengiriman. Perusahaan masih memiliki sejumlah tenaga pengantar yang dirahasiakan ke lokasi lain.

Bahkan sebelum kembali ke tim pengiriman, investor telah mempertanyakan tingkat permintaan untuk Model 3 yang tersisa setelah dorongan habis-habisan Tesla untuk memasok pembeli sebelum pemotongan kredit pajak.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved