Situs E-commerce Otomotif Momobil.id Sukses Gaet Komsumen dari Luar Pulau Jawa

"Mobil seken yang paling banyak diincar adalah di rentang harga Rp 100-200 juta, model yang paling banyak dicari adalah SUV"

Situs E-commerce Otomotif Momobil.id Sukses Gaet Komsumen dari Luar Pulau Jawa
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Manuel D Irwanputera, Deputy Director Digital Business and Operation Adira Finance 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak setahun terakhir diluncur, situs e-commerce Momobil.id mulai mendapatkan pasar di bisnis jual-beli produk otomotif roda empatdi Indonesia.

Selama setahun pertama beroperasi di 2018, Momobil.id menerima sekitar 6.000 permohonan aplikasi pembelian mobil seken secara online melalui platform mereka. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.200 yang disetujui (disbursement) berdasar analisa persyaratan yang dibutuhkan.

Manuel D Irwanputera, Deputy Director Digital Business and Operation Adira Finance di sela acara pengumuman undian program Kejutan Spesial Bulan November-Desember (Kesamber) di Jakarta, Selasa (12/2/2019) mengatakan, mayoritas pemohon aplikasi yang masuk berasal dari konsumen di luar Jawa.

"Umumnya mayoritas berasal dari Sumatera, Kalimantan lalu dari Pulau Jawa," ungkap Manuel.

"Mobil seken yang paling banyak diincar adalah di rentang harga Rp 100-200 juta, model yang paling banyak dicari adalah SUV dan merk paling disukai adalah Toyota," imbuh Manuel.

Baca: Trik Menciptakan Efek Daun Talas di Bodi Bodi dan Kaca Ala Xpander

Dia menambahkan, tingginya permintaan mobil seken dari luar Pulau Jawa di Momobil.id diduga dipicu karena disparitaas harga antara harga jual mobil seken di pasar lokal di kota pembeli berdomisili dengan harga jual mobil seken di Pulau Jawa.

"Soal pemicunya kenapa dari luar Jawa bisa lebih tinggi, kita masih bertanya ke teman-teman di sana. Tapi memang jumlah diler di luar Jawa kan terbatas ya. Ada beda harga antara (harga jual mobil seken) di sana dan di Jawa, mungkin ada juga yang membeli untuk dijual lagi di sana," jelas Manuel.

Baca: Tol Tarif Trans Jawa Kemahalan dan Dikeluhkan Pengusaha, Basuki Hadimuljono Kumpulkan Operator

Tingginya animo konsumen di luar Jawa terhadap mobil seken ini menunjukkan bahwa pasar di luar Jawa memang menjanjikan. "Penjualan tertinggi kita di Sumatera dan Kalimantan disusul Jawa," sebutnya.

Manuel menambahkan, jika di sepanjang 2018 pihaknya memberikan disbursment 1200 sebanyak unit mobil seken, maka di tahun 2019 ini target disbursement yang dipasang mencapai dua kali lipat.

"Target disbursement kita untuk tahun ini dobel, itu khusus untuk mobil seken. Kuartal II nanti kita juga akan mulai garap mobil baru. Kita akan bekerja sama dengan diler resmi. Tapi kita belum bisa targetkan siapa yang duluan akan jalan," bebernya.

momobil22
Rasenawati (paling kanan) konsumen Momobil.id dari Banjarmasin peraih hadiah utama 1 unit Vespa di program undian Harbolnas Kesamber yang diselenggarakan Momobil.id di Jakarta, Selasa (12/2/2019). Dua pemenang lain mendapat 2 paket liburan ke Thailand.

Di acara penyerahan hadiah undian program Kesamber, Momobil.id menyatakan ada 3 pemenang utama. Masing-masing adalah hadiah utama berupa 1 unit Vespa untuk Rasenawati, konsumen dari Banjarmasin dan 2 paket liburan ke Thailand untuk dua pemenang, masing-masing Arif Hendra Friyanto dari Banjarmasin dan Efriyanto dari Padang.

Rasenawati merupakan konsumen Momobil.id yang membeli Toyota Fortuner seken.  Berdasar pengalaman Efriyanto, prosedur pembelian mobil via e-commerce Momobil,id cukup mudah. Sementara, Arif Hendra mengaku beruntung dari e-commerce Momobil.id ini dirinya bisa menemukan mobil seken idamannya.

Kesamber merupakan program promosi yang digelar Momobil.id dalam rangka Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Ditanya tentang keunggulan Momobil,id terhadap kompetitor, Manuel menegaskan, pada prinsipnya Momobil.id 
tidak berkompetisi head to head dengan marketplace mobil lain.

"Bedanya dengan mereka, mereka tidak memiliki solusi pembiayaan seperti yang kita punya. Malah, kita ke depan ingin bekerja sama dengan marketplace otomotif untuk membantu menyediakan pembiayaan ke platform e-commerce mereka," jelas Manuel.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved