Mudik Lebaran 2019

10 Tips Berkendara Aman Agar Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman Menyenangkan

Anda harus memastikan jumlah saldo e-money cukup sebelum melakukan perjalanan. Sehingga, anda tidak perlu repot mengisi saldo di tengah jalan.

10 Tips Berkendara Aman Agar Perjalanan Mudik ke Kampung Halaman Menyenangkan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah kendaraan pemudik mengantre untuk keluar dari ruas Tol Batang-Semarang menuju jalur Pantura Batang-Kendal di Kalikuto, Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Periode arus mudik Idul Fitri 1440 Hijriah sudah tiba menjelang akhir pekan ini. Ribuan orang akan menjalani perjalanan panjang menempuh jarak ratusan hingga ribuan kilometer menuju kampung halaman untuk bersilaturahim dengan keluarga besar.

Mobil pribadi menjadi salah satu pilihan favorit pemudik. Selain biayanya lebih murah jika digunakan mudik beramai-ramai, juga membuat perjalanan mudik bisa dikustomisasi rute maupun titik peristirahatan sementaranya.

Selain itu juga fleksibel untuk menetapkan waktu keberangkatan.  

Agar perjalanan mudik tetap aman dan menyenangkan, Anda perlu pastikan kendaraan dan kondisi staminan fisik dan mental Anda juga dalam kondisi prima.

Sejumlah kendaraan pemudik terlibat antrian panjang di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Selasa (12/6/2018). H-3 Lebaran 2018, pemudik sudah mulai tinggalkan Jakarta. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah kendaraan pemudik terlibat antrian panjang di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Selasa (12/6/2018). H-3 Lebaran 2018, pemudik sudah mulai tinggalkan Jakarta. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

Agar sampai tujuan dengan selamat, KONTAN akan berbagi tips berkendara aman saat mudik. Simak ulasannya berikut ini. 

1. Pastikan tubuh sehat sebelum mudik

Anda harus menghindari berkendara dalam kondisi sakit. Karena, saat tubuh tidak sehat membuat anda sulit berkonsentrasi. 

Edo Rusyanto, Koordinator Aksi Keselamatan Jalan menjelaskan tanpa konsentrasi mustahil dapat berkendara dengan baik. 

Pastikan Anda tidur cukup, delapan jam per hari agar badan tetap fit sebelum perjalanan. 

2. Wajib sabar dan jaga kesehatan

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved