• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribun Pemilu 2014

Penetapan Jadwal dan Lokasi Kampanye Terbuka Berbasis Provinsi

Selasa, 4 Maret 2014 12:37 WIB
Penetapan Jadwal dan Lokasi Kampanye Terbuka Berbasis Provinsi
/SURYA/HABIBUR ROHMAN
Ilustrasi bendera parpol

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan zona kampanye rapat umum anggota DPR RI yang dimulai 16 Maret 2014 dengan basis provinsi. Dalam pelaksanaannya nanti, akan melibatkan 4 partai politik di setiap zona dalam hari yang sama.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah kepada wartawan di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (4/3/2014), menerangkan pihaknya memberikan kesempatan yang sama dan merata kepada peserta Pemilu 2014 terkait kampanye rapat umum.

"KPU akan memfasilitasi pelaksanaan kampanye rapat umum itu dari segi lokasi dan jadwal. Parpol dapat menggunakan atau tak menggunakan fasilitasi yang sudah disiapkan penyelenggara Pemilu," terang Ferry.

Menurutnya, kampanye rapat umum akan dilakukan sebanyak dua kali selama 21 hari tersebut untuk provinsi yang memiliki sampai dua daerah pemilihan. Sementara provinsi yang memiliki tiga dapil, kampanye rapat umum dilakukan sebanyak tiga kali.

Sementara provinsi yang daerah pemilihannya lebih dari tiga, kampanye rapat umumnya dilakukan sebanyak lima kali.
Terdapat 26 provinsi dengan satu sampai dua dapil, empat provinsi dengan tiga dapil dan tiga provinsi dengan lebih dari tiga dapil yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Khusus di tiga daerah ini setiap parpol mendapat jatah kampanye sebanyak lima kali.

"Dengan demikian setiap parpol akan berkampanye sebanyak 79 kali di 77 dapil untuk DPR RI," terang pria yang pernah menjadi Ketua KPU Jawa Barat ini.

Untuk parpol lokal Aceh, kampanye rapat umum dilakukan bersama dengan parpol nasional. Polanya, setiap empat parpol nasional dan satu parpol lokal melakukan kampanye untuk setiap hari di setiap kabupaten atau kota dan kecamatan.

"Penetapan jadwal kampanye rapat umum dilaksanakan berdasarkan nomor urut partai," ujar Ferry.

Untuk lokasi pelaksanaan rapat umum, kata Ferry, ditetapkan oleh KPU kabupaten atau kota. Penentuan lokasi dilakukan KPU berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten atau Kota. Pelaksanaan kampanye untuk anggota DPR RI dilaksanakan pengurus parpol tingkat pusat atau calon anggota DPR.

Pelaksanaan kampanye anggota DPRD Provinsi dilaksanakan oleh pengurus partai tingkat provinsi dan atau calon anggota DPRD Provinsi. Selanjutnya pelaksanaan kampanye anggota DPRD Kabupaten atau Kota diselenggarakan pengurus parpol tingkat kabupaten atau kota dan atau calon anggota DPRD Kabupaten atau Kota.

Penulis: Y Gustaman
Editor: Dewi Agustina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
1 KOMENTAR
3001822 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • jonaidisalad-Selasa, 4 Maret 2014 Laporkan
    saya rasa ngak usah pakai jadwal,atau aturan semua pd bohong lihat; belum saatnya kampanye semua sdh kampanye, tahu itu pelanggaran tp dibiarkan harusnya ditindak.
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas