Pemilu 2014

Polri: Situasi Hingga Jelang Pencoblosan Kondusif

Keamanan pada tahapan Pemilu Legislatif 2014 hingga menjelang pencoblosan berlangsung kondusif

Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-- Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengungkapkan keamanan pada tahapan Pemilu Legislatif 2014 hingga menjelang pencoblosan berlangsung kondusif meskipun dibeberapa daerah ada kejadian yang cukup menonjol.

"Secara kesuluruhan pelaksanaan sampai dengan hari ini kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh Indonesia secara umum kondusif," kata Sutarman di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (7/4/2014).

Kapolri pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah bekerja sama dengan Polri serta kekuatan keamanan lainnya seperti TNI dan unsur pemerintah daerah sudah menjaga stabilitas keamanan negara.

"Seluruh aparat keamanan baik Polri TNI serta seluruh aparat Pemda dan Penyelelenggara Pemilu juga aparatur negara lain, sehingga sampai saat ini kondisi kamtibmas pada mejelang kampanye, saat kampanye, dan setelah kampanye berlangsung kondusif," ungkapnya.

Dikatakan pucuk pimpinan Polri ini, ada beberapa kejadian yang menjadi perhatian Polri selama berlangsungnya kampanye. Di Aceh beberapa waktu lalu terjadi  penembakan. Beberapa kasus penembakan di Aceh sudah terungkap, sementara kasus penembakan yang terakhir masih dalam proses penyelidikan.

"Dari kasus-kasus yang terungkap memang terkait langsung dengan masalah-masalah politik di Aceh, sementara yang belakangan masih dalam proses penyelidikan kita apakah terkait politik atau tidak masih kita tunggu proses penyelidikannya," ungkapnya.

Selain di Aceh, ada juga peristiwa yang cukup menonjol di Papua. Di wilayah perbatasan Papua dan Papua Nugini, sekitar 40 orang melakukan pengibaran bendera bintang kejora. Kemudian petugas Polri dan TNI membubarkannya. "Tapi kejadian ini sepenuhnya tidak terkait Pemilu," ungkapnya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved