Hari Belajar di Luar Kelas Percepat Pengembangan Sekolah Ramah Anak

Sebanyak 1 juta anak dari 10 ribu satuan pendidikan di seluruh pelosok tanah air ikut berpartisipasi dalam kegiatan OCDay

Hari Belajar di Luar Kelas Percepat Pengembangan Sekolah Ramah Anak
Tribunnews.com/ Reza Deni
Menteri PPPA Yohana Yembise 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise mengharapkan kegiatan Hari Belajar di Luar Kelas atau Outdoor Classroom Day (OCDay) tak hanya dilakukan satu tahun sekali dengan inovasi beragam yang dilakukan oleh sekolah.

“Kampanye global ini perlu direspon secara positif. Saya berharap kegiatan ini akan semakin mendorong percepatan pembentukan dan pengembangan sekolah ramah anak agar semakin banyak anak yang terlindungi di sekolah,” ujar Yohana Yembise, yang menghadiri OCDay di SD Negeri 2 Lateri Ambon, seperti dikutip dalam pernyataannya, Kamis (1/11/2018).

Tahun ini tercatat sebanyak 1 juta anak dari 10 ribu satuan pendidikan di seluruh pelosok tanah air ikut berpartisipasi dalam kegiatan OCDay.

OCDay mencatat 3.464.843 anak-anak di 27.819 sekolah di seluruh dunia terlibat dalam OCDay.

Hari ini, Kamis (1/11/2018) adalah OCDay dilaksanakan serentak di sekolah-sekolah di dunia dan Indonesia, sekaligus sebagai partisipasi memperingati Hari Anak Internasional.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya mendukung Sekolah Ramah Anak (SRA), dengan melangsungkan kegiatan belajar di luar kelas, atau OCDay.

Baca: Camp Bell 2 Edupark: Berwisata Seraya Belajar di Desa Beragam Inovasi

Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak, Lenny N. Rosalin, menyatakan, pelaksanaan OCDay melalui SRA merupakan satu upaya memenuhi hak anak dan melindungi mereka dari berbagai kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi selama berada di sekolah.

“Salah satu indikator terbentuknya Sekolah Ramah Anak adalah kegiatan belajar di luar kelas. Sekolah Ramah Anak membantu mewujudkan kondisi aman, nyaman, serta dan menyenangkan, selama anak di sekolah," ujar Lenny N Rosalin, yang hadir di SMAN 2 Tangerang Selatan.

Karena itu, menurut dia, belajar di luar kelas sangat dibutuhkan untuk menunjang proses belajar ramah anak. Dengan demikian diharapkan kesehatan mental dan fisik anak-anak kita semakin baik.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved