STMM Ajak Anak Muda Sebarkan Konten Positif Multimedia Lewat GemPosting

Konten positif ini tidak hanya berupa tulisan. Tetapi juga foto, grafis dan video. Tema yang diambil seluruhnya antitesis dari hoax

STMM Ajak Anak Muda Sebarkan Konten Positif Multimedia Lewat GemPosting
HANDOUT
Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Multi Media Training Center (MMTC) Yogyakarta bersama SINDO Weekly menggagas GemPosting, (Generasi Multimedia Positive Thinking). GemPosting diharapkan mampu melahirkan generasi muda positif, kreatif, sekaligus inspiratif di media sosial. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Multi Media Training Center (MMTC) Yogyakarta bersama SINDO Weekly menggagas GemPosting, (Generasi Multimedia Positive Thinking). GemPosting diharapkan mampu melahirkan generasi muda positif, kreatif, sekaligus inspiratif di media sosial.

"Bagaimana memproduksi konten positif multimedia lalu melanjutkan dengan pola sharing atau viral, " ujar Ketua STMM, Noor Iza, Sabtu (8/12/2018), seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com.

Dengan pola sharing, mereka tanpa sadar menyebarkan konten negatif di media sosial. Melalui program Gen Posting, kata dia, sebesar 10 % pemuda diharapkan mampu mendobrak dominasi prilaku negatif di media sosial. "Dari 10 persen konten yang positif ini akan kita viralkan, " paparnya.

Konten positif ini tidak hanya berupa tulisan. Tetapi juga foto, grafis dan video. Tema yang diambil seluruhnya antitesis dari hoax, ujaran kebencian, pemutarbalikkan fakta hingga unsur suku agama ras dan antargolongan (SARA) yang berpotensi memecah belah kesatuan bangsa.

Baca: Final BlackAuto Battle 2018, Aliran Ekstrem Makin Rapi, Bisa Buat Kendaraan Harian

Untuk memulainya, GemPosting digelar di SMKN 1 Kedawung, Cirebon, Sabtu, 8 Desember 2018. Dalam kesempatan itu, Noor Iza mengajak agar para siswa bisa berkontribusi meningkatkan ekonomi digital Indonesia, lewat konten multimedia.

“Kami di STMM yang merupakan perguruan tinggi zaman now membuka peluang bagi anak muda kreatif untuk mengembangkan diri," katanya.

Dalam GemPosting di Cirebon ini, STMM menghadirkan dua alumni yang berprestasi. Mereka adalah Atyah Kirana Sariayu yang kini berkarya di RCTI, dan Reza Rival yang berkiprah di Net TV.

Atyah memaparkan pengalamannya di dunia kerja dengan bekal ilmu dari STMM."Apa yang saya dapat di kampus, menjadi modal besar di dunia kerja," katanya. Sementara Reza Rival mengatakan, dengan multimedia kita bisa membuat apa saja menjadi memikat. "Data atau informasi yang membosankan bisa menjadi mengesankan," katanya.

Sebagai tuan rumah, Kepala SMKN 1 Kedawung, Ikhwanudin menyambut baik program GemPosting yang pertama kalinya digelar di sekolah yang dipimpinnya.

Suatu kehormatan STMM mau menggelar program di sekolah kampung. Dan ini menjadi energi besar bagi kami untuk maju dan sejajar dengan sekolah di kota di era digital," katanya.

Kemudian, dia juga berharap alumni SMKN 1 Kedawung banyak yang akan belajar menguasai multimedia di STMM. "Karena STMM adalah kampus Jaman Now," katanya.

GemPosting akan terus digelar di berbagai kota lain untuk mengajak generasi muda mengemas konten positif di medis sosial dengan multimedia.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved