Rekor Terbanyak di Media Sosial untuk Lomba Resensi Puisi Esai

sosial menjadi sarana publik luas untuk mengakses karya budaya secara massif.

Rekor Terbanyak di Media Sosial untuk Lomba Resensi Puisi Esai
Warta Kota/HENRY LOPULALAN
Denny Januar Ali atau lebih dikenal Denny JA

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA-Bali sudah menjadi kunjungan parawisata kelas dunia. Apa jadinya jika seorang wanita Bali mendapatkan penghasilan dan kedudukan sosialnya lebih tinggi dari suami? Ini mengganggu Ajeg Bali, kultur lokal Bali yang eksotis.

Di Yogyakarta, tradisi raja turun temuran datang dari para lelaki. Hamangkubuwono selalu pria. Bagaimana jika pengganti sang Raja yang paling kompeten saat ini adalah wanita? Mungkinkah?

Itulah contoh beberapa kearifan lokal yang direkam dalam 34 buku puisi esai. Serial buku itu dilombakan untuk diresensi.

Bulan Desember ini, sebanyak 858 resensi dari 34 provinsi sudah dipublikasi di ratusan akun Facebook.

Lomba resensi buku yang pertama yang penulisnya dari seluruh provinsi Indonesia, tiada satupun provinsi terlewat. Sejauh ini, sebanyak 858 resensi di facebook itu adalah rekor.

Pengumuman resmi sudah dibuat oleh panitia lomba resensi buku nasional. Panitia tediri dari Nia Samsihono (ketua), Gunoto Saparie (anggota), dan Dhenok Kristianti (anggota).

Denny JA, penggagas puisi esai, lomba resensi itu bertujuan dua hal. Pertama, mempopulerkan kisah lokal (local wisdom) di 34 provinsi yang direkam oleh lebih dari 170 penyair, dari Aceh hingga Papua.

"Melalui 34 buku puisi esai itu, kita dapat belajar soal suasana batin, kekayaan budaya, jeritan hati, ketimpangan sosial, kehangatan komunitas yang terekam dalam memori kolektif dari seluruh pelosok Indonesia," ujarnya dslam rilisnya yang diterima tribunnews.com, Rabu (12/12/2018).

Dijelaskan, sebanyak 34 buku puisi esai sudah tuntas diterbitkan di Facebook perpustakaan puisi esai.

Publik dapat membacanya secara gratis. Namun, lanjut Denny JA, lomba resensi atas 34 buku ini akan lebih mempopulerkan serial buku itu.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved