Kecakapan Masyarakat Berbahasa Inggris Indonesia Kalah Dibandingkan Vietnam

Semakin tinggi tingkat kemampuan Bahasa Inggris suatu negara, maka semakin besar pula rata-rata pendapatan penduduk di negara tersebut

Kecakapan Masyarakat Berbahasa Inggris Indonesia Kalah Dibandingkan Vietnam
Istimewa
Dr. Minh N. Tran, Executive Director of Academic Affairs, EF Education First saat memaparkan fakta mengenai laporan EF EPI edisi ke-8 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - EF Education First merilis laporan hasil penelitian EF English Proficiency Index (EPI) atau EF EPI.

Laporan ini disusun berdasarkan analisa data dari hasil tes bahasa Inggris yang dilakukan melalui tes online gratis pertama di dunia, yaitu EF SET (Standard English Test).

EF EPI telah menjadi sebuah kajian terbesar di dunia, yang mengukur tingkat kemahiran berbahasa Inggris orang dewasa yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

Tahun ini, EF EPI mempublikasikan penelitian edisi ke-8 melalui Jumpa Pers bertema “Building a Bridge to the World through English Proficiency. Are We Qualified enough for the Challenges?” bertempat di Thamrin Nine, Jakarta. 

Dr. Minh N. Tran, Executive Director of Academic Affairs, EF Education First mengungkapkan temuan utama EF EPI tahun ini, dimana secara umum kecakapan Bahasa Inggris orang dewasa di Asia relatif stabil dibandingkan tahun lalu.

“Beberapa Negara-negara di Asia yang memiliki kemahiran dan perkembangan Bahasa Inggris yang baik, menunjukkan pertumbuhan yang pesat pada perdagangan dan teknologi.”

Tahun ini, Indonesia menduduki peringkat ke-51 dari 88 negara di dunia, dengan penurunan skor menjadi 51,58 dari 52,14 pada tahun lalu.

Skor ini menempatkan Indonesia pada posisi ke-13 dari 21 negara di Asia dan berada di bawah nilai rata-rata kecakapan Bahasa Inggris kawasan Asia sendiri (53,94).

Baca: Karena Bahasa Inggris, Banyak Chef Terampil Tak Bisa Jadi Penduduk Tetap Australia

Peringkat Indonesia bertahan di tingkat kecakapan rendah sejak 2017 dan masih berada di bawah peringkat negara ASEAN lainnya, seperti Singapura dengan (68,63) pada tingkat Kecakapan Sangat Tinggi, Filipina (61,84) dan Malaysia (58,32) di Tingkat Kecakapan Tinggi.

Bahkan Indonesia, berada di bawah Vietnam (53,12) yang berada di Tingkat Kecakapan Menengah.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved