Siswa Siswi SMAN 8 Jakarta Selatan Kelas XI, sudah Dianjurkan Buat ‘Tesis’.

Tesis rangkaian kegiatan yang terdiri dari pelatihan dan bimbingan penulisan ilmiah, pengambilan sample atau data dengan cara terjun ke lapangan

Siswa Siswi SMAN 8 Jakarta Selatan Kelas XI, sudah Dianjurkan Buat ‘Tesis’.
istimewa
Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Agusman Anwar SPd 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tesis selama ini kita pahami sebagai karya ilmiah dari mahasiswa program S2 sebagai salah satu persyaratan untuk meraih gelar Master atau Magister di bidang ilmu tertentu.

Tapi hebatnya siswa-siswi SMAN 8 Jakarta Selatan kelas XI, sudah dianjurkan membuat ‘Tesis’.

Sabar jangan komplain dulu. TeSIS yang dimaksud SMAN 8 Jakarta Selatan adalah singkatan dari Temu Sosial Ilmiah SMAN 8. 

Kepala Sekolah SMAN 8, Agusman Anwar SPd, Tesis ini bermula dari keprihatinan akan minimnya nilai-nilai kehidupan pada diri siswa.

Sejak tahun 2001, SMA Negeri 8 Jakarta menciptakan sebuah laboratorium sosial dan spiritual dalam bentuk kegiatan Temu Sosial dan Ilmiah SMA Negeri 8 Jakarta (TeSIS).

Pada tahun 2018 ini, SMA Negeri 8 Jakarta kembali menyelenggarakan TeSIS yang merupakan penyelenggaraan ke-17.

Meskipun secara teknis, sesuai dengan regulasi yang berlaku, inisiator kegiatan ini adalah orangtua siswa melalui komite SMA Negeri 8 Jakarta.

Baca: Gerebek Rumah Diduga Lokasi Bandar Sabu, Polres Bangkalan Tangkap 2 Remaja, Statusnya Pelajar SMK

“Saya selaku kepala sekolah mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kegiatan TeSIS ini sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada peserta didik khususnya siswa kelas XI,” tutur Agusman Anwar Spd saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (13/12) lalu.

Masih menurutnya, Tesis rangkaian kegiatan yang terdiri dari pelatihan dan bimbingan penulisan ilmiah, pengambilan sample atau data dengan cara terjun ke lapangan sekaligus melakukan bakti sosial.

Dengan data yang telah didapat tersebut, kemudian diolah dianalisa dan disajikan dalam bentuk tulisan yang kemudian di presentasikan di depan penguji. Akan tetapi karya ilmiah ini dikerjakan secara kelompok dimana tiap kelompok beranggotakan 9 siswa.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved