Siswa Tertarik ke Perpustakaan, Dosen UI Tingkatkan Literasi Informasi SMA di Depok

Program ini berlangsung selama sepuluh bulan dengan melibatkan tiga sekolah yaitu SMAN 1 Depok, SMAIT Tunas Bangsa Depok, dan SMAN 9 Bogor.

Siswa Tertarik ke Perpustakaan, Dosen UI Tingkatkan Literasi Informasi SMA di Depok
ist
Agar siswa SMA tertarik mendatangkan perpustakaan, Dosen program Studi Ilmu Perpustakaan dan Kepala Perpustakaan Universitas Indonesia (UI), Dr. Fuad Gani, S.S., M.A. melakukan program pengembangan perpustakaan dan peningkatan kemampuan literasi inforamsi siswa SMA di Depok dan sekitarnya. 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Menarik minat  siswa SMA  mendatangi perpustakaan, Dosen program Studi Ilmu Perpustakaan dan Kepala Perpustakaan Universitas Indonesia (UI), Dr. Fuad Gani, S.S., M.A. melakukan program pengembangan perpustakaan dan peningkatan kemampuan literasi inforamsi siswa SMA di Depok dan sekitarnya.

“Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, kata dia, diharapkan pengelola perpustakaan sekolah dan menerapkan materi yang didapatkan sehingga siswa semakin tertarik untuk datang ke perpustakaan,” papar Fuad Gani, di kampus Universitas Indonesia, Rabu (19/12/2018).

Dia menjelaskan, program ini berlangsung selama sepuluh bulan dengan melibatkan tiga sekolah yaitu SMAN 1 Depok, SMAIT Tunas Bangsa Depok, dan SMAN 9 Bogor.

Pemilihan sekolah tersebut didasarkan pada adanya komitmen sekolah yang dalam hal ini diwakili oleh kepala sekolah untuk membangun perpustakaan dan menjamin bahwa program tersebut dapat terus berlanjut (sustainable) serta dapat ditularkan kepada sekolah lainnya.

“Program ini adalah salah satu program pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu poin Tri Dharga Perguruan Tinggi.UI, melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat setiap tahunnya menyelenggarakan program pengabdian masyarakat sebagai bentuk UI dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” paparnya.

Baca: Bluebird Jalin Kerja Sama dengan UNICEF untuk Pendidikan Anak Indonesia

Menurut dia, program ini diikuti oleh dosen UI di berbagai bidang ilmu dengan lokasi pengabdian yang berbeda. Program pertama yang dilakukan adalah Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah yang dilaksanakan di Perpustakaan UI pada 6-9 Agustus 2018.

Dia menjelaskan, pengelola perpustakaan sekolah dilatih oleh pustakawan senior Perpustakaan UI.

Materi yang diberikan mencakup Administrasi Perpustakaan Sekolah, Organisasi Informasi, Teknologi Informasi, Pengadaan dan Pengembangan Koleksi, Layanan Perpustakaan, Pemasaran, serta Literasi Informasi.

Program lain yang diberikan, katanya, adalah pemberian satu unit komputer dan instalasi aplikasi otomasi LONTAR (Library Automation and Digital Archives). Penyerahan komputer dan aplikasi otomasi ini dilakukan bersamaan dengan Pelatihan Literasi Informasi untuk siswa kelas XII SMA tersebut.

Penulis: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved