Universitas Budi Luhur Siapkan Kampus Satelit di Belanda

Budi Luhur juga akan mengirimkan sebagian mahasiswanya yang kuliah di Indonesia untuk mengikuti magang kerja di sana selama satu tahun.

Universitas Budi Luhur Siapkan Kampus Satelit di Belanda
HANDOUT
Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Wendi Usino MM (paling kanan) bersama Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA (tengah), dan Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto di paparan tentang perayaan ulang ke-40 Universitas Budi Luhur di Jakarta, Jumat (29/3/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Budi Luhur Jakarta saat ini sedang menyiapkan pembukaan kampus atelit di Belanda. 

Deputi Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Wendi Usino MM mengatakan, kampus satelit ini akan direalisasikan pada bulan September 2019 atau selambat-lambatnya pada tahun 2020 dan menjadi bagian dari strategi Universitas Budi Luhur untuk go international.

"Kita akan buka kampus satelit di Eropa. Namanya nanti adalah Budi Luhur University Global. Selain menarik calon mahasiswa di sana tapi juga untuk mengirim mahasiswa mahasiswa kita yang bagus untuk magang di sana. Tapi penyelesaian kuliahnya tetap di Indonesia. Kita sedang siapkan SDM dengan kualifikasi peserta magang yang cukup ketat," ungkap Wendi, Jumat (29/3/2019). 

Wendi menjelaskan, kuliah di kampus satelit bisa dilakukan mahasiswa saat weekend dan nantinya mahasiwa bisa menyelesaikan kuliah selama empat tahun tepat waktu.

Kampus satelit ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa asal Indonesia yang mengikuti magang kerja di perusahaan-perusahaan di Belanda, dan kuliahnya bisa dilakukan malam hari di weekend.

"Di negara-negara Eropa seperti Belanda, magang kerja biasanya dilakukan Senin sampai Kamis saja. Budi Luhur ini core pendidikan ke mahasiswanya kan di bidang IT. Kita punya beberapa mitra di Belanda seperti di Den Haag, dan beberapa kota lainnya. Mahasiswa kita akan magang di bidang IT di perusahaan-perusahaan di sana selama satu tahun di sana. Sambil magang kerja, mereka kuliah di kampus satelit kita di sana," jelasnya.

Baca: Rajin Mengonsumsi Tomat Bikin Panjang Umur

Budi Luhur juga akan mengirimkan sebagian mahasiswanya yang kuliah di Indonesia untuk mengikuti magang kerja di sana selama satu tahun.

"Selama magang mahasiswa kita akan mendapatkan honor dan bisa digunakan untuk membiayai kuliahnya. Kuotanya 10 sampai 20 mahasiwa per batch, agar penempatan saat proses magang di perusahaan-perusahaan besar di sana tidak sulit.

Wendi menjelaskan, Pemerintah Belanda menerapkan persyaratannya cukup ketat untuk mahasiswa magang kerja. "Tantangan kita saat ini adalah persiapan penguasaan bahasa untuk mahasiwa, tidak hanya bahasa Inggris tapi juga bahasa lokal Belanda untuk melancarkan percakapan di tempat mereka magang kerja," jelas Wendi.

Bebas Biaya Investasi  

Sementara itu, Rektor Universitas Budi Luhur Prof DR Ir Didik Sulistyanto menyatakan, memperingati ulang tahun ke-40 kampus Budi Luhur, Yayasan Budi Luhur akan menggelar perayaan di Auditorium Kampus Budi Luhur, di Petukangan,  Jakarta Selatan pada 1 April 2019.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved