Politeknik Manufaktur Astra Dirikan Kampus Kedua di Kawasan Delta Silicon Lippo Cikarang

Kampus baru Polman Astra didirikan di atas lahan seluas 5 hektare dengan total luas bangunan sekitar 47.000 meter persegi.

Politeknik Manufaktur Astra Dirikan Kampus Kedua di Kawasan Delta Silicon Lippo Cikarang
TRIBUNNEWS/GLERY LAZUARDI
Ground breaking kampus baru Politeknik Manufaktur (Polman) Astra di Kawasan Industri Delta Silicon Lippo Cikarang, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (10/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Grup Astra hari ini melakukan ground breaking kampus baru Politeknik Manufaktur (Polman) Astra di Kawasan Industri Delta Silicon Lippo Cikarang, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (10/5/2019).

Acara ini dihadiri Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didampingi Presiden Direktur PT Astra Internasional tbk, Prijiono Sugiarto.

"Mudah-mudahanan kampus baru ini mampu menampung 10 kali dari jumlah mahasiswa yang ada sekarang. Barangkali bisa menjadi enterprenuer baru. Tidak hanya pegawai di Astra bisa mempunyai industri sendiri dan menciptakan lapangan kerja baru," kata Mohamad Nasir di lokasi acara.

Polman Astra bernaung di bawah Yayasan Astra Bina Ilmu sejak tahun 1995. Lembaga ini bergerak di bidang pendidikan vokasi di bidang teknologi, khususnya yang terkait otomotif dan sumber daya alam.

Kampus Polman Astra merupakan pengembangan dari kampus di Sunter, Jakarta Utara, dan berkonsep green campus.

Baca: PNS Akan Dapat Total Libur Lebaran 11 Hari! Ini Rincian Tanggalnya

Kampus baru Polman Astra didirikan di atas lahan seluas 5 hektare dengan total luas bangunan sekitar 47.000 meter persegi.

"Kampus ini perluasan atau nanti akan pindah di sini dari Sunter II. Kami tidak puas jumlah mahasiswa yang ada. Kalau sudah dikasih belanja modal besar, di luas tanah 5 hektare, kebangetan kalau tak bisa 10 kali dari jumlah mahasiswa yang ada sekarang," kata Presiden Direktur Astra Internasional, Prijono Sugiarto.

Fasilitas terdiri atas ruang pembelajaran, laboratorium, workshop, teaching factory, serta asrama untuk mahasiswa baru. Kapasitas kampus baru diharapkan empat kali lebih besar dibandingkan kapasitas kampus saat ini.

Baca: PCX Dominasi Penjualan Motor Honda di Telkomsel IIMS 2019

Saat ini Polman Astra memiliki enam program studi diploma 3. Aktivitas pembelajaran menganut Dual System, yaitu kolaborasi pengembangan kurikulum, pemagangan mahasiswa di industri Astra, dosen industri Astra yang mengajar di Polman Astra, serta dukungan fasilitas pembelajaran praktek.

Di kampus ini, sebanyak 70 persen materi ajar yang diberikan berupa praktek dan 30 persen teori.

Di acara peletakan batu pertama ini Polman Astra juga meluncurkan Program Sertifikasi Astra Meister. Program ini merupakan program sertifikasi kompetensi profesi dengan kualifikasi kompetensi lanjut untuk berbagai program profesi yang diakui oleh pemerintah dan industri.

Sertifikasi Astra Meister ini merupakan salah satu acuan keberhasilan industri di Jerman untuk tetap unggul dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan pelayanan terbaik.

"Program sertifikasi profesi ini setingkat SMK, namun dengan kualifikasi keterampilan yang disesuaikan dengan kompetensi masing-masing sehingga menghasilkan SDM yang berkualitas," tambah Direktur Polman Astra Tony Harley Silalahi.

Selama 23 tahun berdiri di Sunter, Jakarta Utara, Polman Astra telah melahirkan SDM untuk memasok kebutuhan SDM berkualifikasi untuk berbagai sektor industri.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved